6 Hal Berkaitan Dengan Pemutaran Musik Pesta di Kupang

Waktu sudah menunjukkan jam 2 dini hari namun saya masih susah untuk tidur. Ini bukan karena insomnia tetapi karena berisiknya suara musik dari rumah yang berjarak puluhan meter saja dari kamar tidur saya. Musik itu ada karena ada pesta syukuran rumah baru dari salah seorang tetangga kami yang baru saja menempati rumah baru mereka. Karena itu saya berpikir untuk menuliskan tentang hal ini.

Image result for gambar sound system di acara pesta di kupang
Model Sound System Pesta di Kupang.
Image result for gambar sound system di acara pesta di kupang
Biasanya ada operator khusus yang memilih lagu-lagu yang diputar di acara pesta, kebanyakan operator sekaligus sebagai pemilik sound systemnya, sehingga biasanya di sewa sepaket.

Enam hal berkaitan dengan pemutaran musik pesta di Kupang antara lain

Volumenya Sangat Keras

Di kota Kupang orang senang sekali memutar musik dengan volume yang sangat kencang di sertai dengan volume bass yang tinggi, apalagi di acara pesta. Musik yang di putar biasanya dapat terdengar sampai radius 2 Km dan tanah sekitar area pesta suka bergetar karena tingginya volume bass. Kamu bisa bayangkan kenapa begitu? karena sound system yang dipakai seperti gambar di atas.

Lirik Lagunya Tidak di Mengerti

Kebanyakan lagu-lagu yang di putar adalah lagu-lagu yang liriknya tidak banyak di mengerti oleh pendengar di pesta. Misalnya lagu dalam bahasa tetun, Inggris atau bahasa lain yang kebanyakan tamu undangan tidak mengerti arti dari lagu tersebut. Tetapi hal yang paling di perhatikan adalah alunan musik yang terdengar sesuai dengan keinginan mereka untuk berdansa atau joget.

Pasti Ada Dansa Romantis dan Joget

Saya sendiri tidak begitu paham tentang jenis-jenis dansa yang biasanya di lakukan di acara-acara pesta di kota Kupang. Namun berdansa romantis adalah hal yang selalu ada di pesta-pesta yang di selenggarakan. Di sesi dansa inilah seringkali terjadi keributan, karena jika ada seorang perempuan yang di mintai untuk menjadi teman dansa dari seoran pria namun ia menolak Akan tetapi di waktu kemudian ada pria lain yang mau mengajaknya berdansa dan si wanita menyetujui maka ini akan menimbulkan kecemburuaan yang berujung pada perkelahian.

Gendre Musiknya

Di pesta-pesta di kota Kupang, gendre musik yang sering di putar adalah pop, hip-hop, dan remix atau musik DJ yang selalu dominan. Ini kebanyakan berlaku untuk acara-acara pesta yang di selenggarakan di rumah sendiri, bukan di tempat-tempat sewa. Para Operator musik biasanya sudah tahu kapan jenis musik mana yang di putar dan kapan itu di ganti. Jadi sepanjang acara pesta pasti akan terdengar beberapa jenis gendre musik.

No Complain

Di kota kupang, sekalipun musik di pesta di putar dengan volume yang keras hingga tengah malam atau bahkan sampai pagi hari lagi. Namun warga tetangga jarang melakukan komplain, hal ini karena tingginya tingkat toleransi. Complain hanya terjadi jika suasana ricuh karena ada kegaduhan akibat konsumsi miras atau keributan lainnya.

Teman yang Pasti Hadir adalah Miras

Jika terdengar musik di putar dalam batas volume yang sudah disebutkan tadi maka sudah pasti ada temannya yaitu minuman keras (Miras). Minuman keras yang di konsumsi pun berfariasi, ada Sopi (minuman fermentasi dari aren atau enau), Laru (tuak), Bir, dan berbagai minuman alkohol lainnya. Namun yang paling dominan adalah nomor 1 dan 2.

Karena itu jika kamu sedang berencana ingin tinggal atau sekedar berkunjung ke Kupang maka hal ini penting untuk kamu tahu biar jangan kaget yah.

Yang Orang Kupang bisa kasih komentar untuk hal lain yang masih belum saya masukkan disini berkaitan dengan topik ini, biar memberikan pengetahuan lengkap buat orang lain yang bukan berasal dari Kupang.

3 respons untuk ‘6 Hal Berkaitan Dengan Pemutaran Musik Pesta di Kupang

  1. Ini bikin aku bbrp kali lol. Sangat menarik baca perspektif dan deskripsi ini. Ku dapat modul dari kursus Kupang hari ini. Semoga kamu sharing ini dgn banyak orang buat belajar juga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s