Apakah Kamu Memiliki Impian?

Apakah judul tulisan ini adalah suatu pertanyaan retorika? kalaupun iya saya ingin bertanya kepada kalian semua yang membaca tulisan ini “apakah kamu memiliki impian?”

Kemaren malam saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbicara dengan seorang anak remaja perempuan. Saya bertanya kepadanya “apakah kamu memiliki impian?” dia menjawab, ya! saya ingin menjadi seorang apoteker. Saya bertanya lagi apa yang akan kamu lakukan dari sekarang untuk mencapai impianmu menjadi seorang apoteker? dan dia mulai menceritakan banyak yang sedang dia lakukan sekarang, salah satunya adalah belajar dengan rajin.

Kembali ke topik ini, apakah benar kamu memiliki impian? jika iya, tindakan apa yang sudah kamu lakukan untuk mewujudkan impianmu itu? apakah kamu sudah melakukan sesuatu sama seperti remaja perempuan itu?

Mungkin sekarang kamu berhenti membaca sejenak dan mulai membayangkan bahwa ternyata impianmu itu masih sebatas imajinasimu saja, dan sama sekali belum ada satu tindakan nyata untuk merealisasikannya.

okey, waktumu belum terlambat karena masih ada hari ini untuk bisa memulai buat target dan komitmen untuk melakukannya. Karena satu impian hanyalah sama seperti mimpi tidur jika tidak ada tindakan nyatanya.

Sekarang ambil catatan pribadimu dan mulai buat daftar impianmu dan tuliskan juga apa yang mau kamu lakukan untuk mewujudkan itu. Baik dalam waktu singkat ini maupun untuk jangka panjang. Buat sedetail mungkin, dan sesederhana mungkin agar kamu bisa memulai dengan satu langkah yang mudah.

Apakah sekarang kamu merasa bahwa impianmu itu begitu mustahil untuk di kerjakan? jika kamu di posisi ini, maka kamu butuh orang lain. Seseorang yang mungkin sudah mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan mimpimu. Atau mungkin kamu butuh seorang rekan untuk berkonsultasi tentang mimpimu dan langkah yang hendak kamu lakukan.

Okey, cukup! mungkin ini rasanya masih sulit karena kamu malu, takut dan tidak pandai bergaul atau sejumlah alasan lain. Coba lihat lagi daftar langkah kongkrit yang sudah kamu buat di buku catatan pribadimu tadi, mungkin kamu sekarang bisa memulai dengan satu langkah yang paling mudah yang sudah kamu tulis.

Sekarang fokus mulai dengan langkah sederhana itu, dalam prosesnya coba lihat peluang apa yang muncul yang bisa kamu tangkap untuk maju selangkah lagi. Ambil itu, dan lakukan lagi sama seperti sebelumnya. Dan lakukan lagi hingga impianmu berhasil kamu gapai.

Karena sebenarnya tidak ada impian yang terlalu sukar untuk di wujudkan, yang sulit adalah bagaimana berkomitmen untuk mewujudkan impian itu dengan mengambil satu langkah awal untuk memulainya.

Selamat mencoba dan berjuang untuk mewujudkan impianmu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s