Tuamnanu, Ada Tuhan yang Bekerja

Saya memimpin tim untuk melakukan youth camp selama 2 malam 3 hari di daerah yang namanya Tuamnanu. Daerah ini merupakan salah satu dusun dari desa Silu, kecamatan Fatuleu-Kabupaten Kupang.

Dusun yang sangat sulit dengan air bersih dan listrik sebagai penerang ini, memiliki penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani. Kehidupan di sini dapat di katakan sangat sulit secara ekonomi sebab untuk mencukupkan kebutuhan sehari-hari hanya dari hasil kebun seperti jagung dan aneka kacang-kacangan yang hanya ada di musim hujan.

Rasanya tidak percaya bahwa Tuhan membawa kami ke sini untuk melayani anak-anak muda di daerah ini. Memang tidak mudah untuk melakukan pelayanan ini, karena permasalahan di dusun sangat complicated. Sebab meskipun mereka hidup di daerah yang susah sinyal tetapi ada banyak hal dosa yang seperti virus yang menyebar dan membunuh secara perlahan para penerus bangsa yang sedang hidup di daerah ini.

Desain youth camp yang bersifat oekumene ini di ikuti secara antusias oleh para peserta, dan Tuhan memakai kami untuk menyampaikan isi hati Tuhan kepada mereka selama semua sesi-sesi yang berjalan.

Kesedihan memenuhi hati saya saat sesi “Pemulihan Gambar Diri” di mulai sebagai sesi pembuka untuk semua sesi yang lain yang akan berjalan selama 2 malam 3 hari tersebut. Di sesi-sesi berikutnya Tuhan menyatakan kasihNya untuk melawat mereka, Tuhan menunjukkan kemurahan hatiNya bahwa Dia mengasihi orang berdosa.

Kehadiran Tuhan begitu nyata, saat Tuhan bekerja dan menyentuh hati orang-orang muda dan remaja yang hadir, sungguh nyata bahwa saya dan tim adalah alat yang sangat tidak berguna karena sesungguhnya Tuhan saja yang bekerja untuk menolong orang-orang berdosa.

Saya tidak dapat menuliskan banyak hal disini namun ini yang saya ingin katakan bahwa seperti apapun keadaan fisik dari dusun Tuamnanu namun Tuhan sedang bekerja di sana untuk menolong generasi-Nya. Pasti ada benih yang baik yang sedang tumbuh disana dalam pengawasan Tuhan.

Di akhir tulisan ini, saya ingin mengundang pembaca untuk melakukan bagianmu ke tempat dimana Tuhan ingin kamu untuk menolong orang lain. Mungkin prosesnya sulit tetapi yang pastinya itu pasti berguna bagi orang lain.

Happy Sunday all!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s