Satu Anak untuk Satu Perubahan

Foto ketika saya sedang melihat kemampuan membaca anak di ruangan belajar sementara di salah satu sekolah dasar di Lombok Utara.

Judul tulisan ini datang ketika saya sedang duduk untuk merenung tentang apa yang sedang saya kerjakan berkaitan dengan pendidikan Indonesia khususnya di daerah. Dalam hal ini karena ada banyak anak yang saya temui akhir-akhir ini di dua propinsi yang berbeda yaitu Nusa Tenggara Timur (Kupang) dan Nusa Tenggara Barat (Lombok). Anak-anak tersebut selalu datang dengan cerita yang berbeda yang sangat menyentuh hati. Hal ini selalu membuat saya berpikir bahwa apa yang bisa saya lakukan untuk bisa ada satu perubahan kecil bagi mereka ini.

Saya sadar bahwa saya bukanlah seorang superhero yang akan memukau mereka dengan apa yang saya lakukan, tetapi saya ingin bisa membuat satu perubahan kecil dalam diri salah satu dari mereka yang saya temui yaitu satu perubahan kecil yang mungkin tidak diberikan tepukan tangan apresiasi dari orang lain tapi saya tahu anak tersebut membutuhkan hal itu.

Satu anak untuk satu perubahan adalah sebuah kalimat motivasi yang mendorong saya saat ini dalam bekerja dan melayani dalam bidang pendidikan. Satu anak untuk satu perubahan membuat saya saat ini tertegun dan menulis di note pribadi tentang target saya ke depan untuk bisa membantu beberapa dari mereka.

Anak-anak yang kecil, polos, sederhana dan punya banyak keterbatasan yang saya temui sedang menginspirasi saya dan mendorong saya untuk menjadi manusia yang lebih baik. Mungkin benar bahwa suatu perubahan besar itu terjadi ketika kita mau belajar untuk memulai dari yang kecil. Dan perubahan yang sedang ingin diupayakan bagi orang lain sering justru membuat kita mengalami perubahan besar dalam hidup kita sendiri.

Mungkin saya sedang bermimpi untuk membuat suatu perubahan kecil bagi mereka, namun pikiran ini justru membuat suatu perubahan besar bagi target hidup saya secara pribadi. Karena itu apakah benar bahwa sebuah perubahan yang diupayakan bagi orang lain adalah hasil dari perubahan diri sendiri? entahlah, karena masing-masing memiliki konteks yang berbeda.

7 respons untuk ‘Satu Anak untuk Satu Perubahan

  1. Makasih tulisan ini. Aku menikmati bacanya, dan tertarik dengan perkataan ini, “sebuah perubahan yang diupayakan bagi orang lain adalah hasil dari perubahan diri sendiri”. Boleh nanya, apakah ini kutipan dari sesuatu, atau mungkin ‘musing’ Anda sendir? Trims sebelumnya! Dan keep writing!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s