Menginspirasi Tak Harus Berbicara

Tidak berbicara adalah hal yang sulit bila di hubungkan dengan persepsi dan harapan untuk mempengaruhi orang lain, untuk meyakini sesuatu atau ikut terlibat melakukan sesuatu yang tujuannya untuk adaya sebuah perubahan yang positif bagi orang lain.

Memang benar bahwa kekuatan perkataan itu begitu dasyat dimana orang mampu mengambil satu keputusan atau membuat suatu tindakan karena adanya kata-kata inspirasi yang didengar atau dibaca. Namun bagaimana jika kita berada di dalam budaya, di dalam kondisi dan situasi yang tidak mengijinkan untuk berbicara apa-apa, padahal tujuan kehadiran kita ada disitu adalah untuk menginspirasi agar terjadinya suatu perubahan. Atau bagaimana jika kita bukanlah orang yang mampu merangkai kata yang indah untuk diucapkan kepada orang lain atau di tulis sehingga di baca?.

Jadi benarkah menginspirasi itu tidak harus berbicara?

Adakah bersikap dan bertindak bisa menjadi inspirasi yang membekas serta tertanam di dalam hati orang lain lalu hal tersebut menginspirasinya juga untuk suatu perubahan.

Bila demikian bagaimana jika mulai besok kamu yang malu berbicara tidak perlu lagi berkecil hati untuk menjadi inspirasi karena kamu bisa mulai dengan melakukan suatu yang sederhana namun menyentuh karena itulah tindakan yang diperlukan oleh orang yang ada di sampingmu.

Bagaimana jika diskusi-diskusi di ganti dengan aplikasikan langsung ide yang ada di isi pikiranmu dan biarkan yang lain ikut mencontoh sampai semua orang menyadari bahwa sebuah tindakan sederhana itu sangat hebat daripada segudang ide yang tertinggal di ruang-ruang diskusi saja?

Bagaimana jika besok kita bersama berkomitmen untuk tidak berbicara lagi kata-kata indah tetapi memulai hari dengan senyum selamat pagi kepada orang-orang yang dijumpai sebagi bagian dari sederet aksi nyata lain yang akan dilakukan sepanjang hari?

Bagaimana jika kamu mulai menginspirasi dengan belajar lebih serius, bekerja lebih giat, hidup lebih jujur, saling menghormati, menjalani pola makan yang lebih teratur, hidup lebih bersih, dan sejumlah aksi nyata lainnya dari diri sendiri?

Bagaimana jika kita semua mulai untuk menginspirasi dengan aksi saja tak usah berbicara banyak lagi. Bagaimana jika kita bergandengan tangan untuk menginspirasi dengan nilai-nilai yang di hidupi lewat tingkah dan langkah sehari-hari sehingga orang lainpun ikut melakukannya?

Saya pikir memang sulit, sangat sulit untuk memulainya. Rasanya akan terjadi perjuangan yang luar biasa untuk bisa menginspirasi lewat tindakan. Tapi coba kita memulainya besok, dan coba besoknya lagi siapa tahu benar bahwa menginspirasi itu tak harus berbicara.

Jika memang gagal dan tak bisa sama sekali, tidak masalah yang penting sudah mencoba. Tetapi jika berhasil maka kamu hebat karena sudah memulainya.

Jadi bagaimana? apakah sekarang kamu sudah tahu aksi apa yang mau kamu lakukan besok untuk menginspirasi orang lain? atau jika belum, tak ada salahnya kamu duduk sejenak dan berpikir aksi apa yang hendak dilakukan untuk menginspirasi sesama?

Selamat mencoba dan semangat menginspirasi!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s