Doakan Yang Kamu Kerjakan dan Kerjakan Yang Kamu Doakan

Hari ini saya menghabiskan waktu dengan beristirahat di rumah saja. Bagi saya ini keputusan yang tepat dan layak untuk dilakukan karena saya baru saja melewati minggu yang padat dengan beberapa kegiatan yang memicu stres, dan capek.

Dan kalimat judul tulisan ini datang ke dalam pikiran saya di pertengahan hari istirahat yang saya ambil dan spontan membuat saya duduk dan mengeluarkan beberapa kalimat syukur kepada Sang Kuasa yang telah menolong saya sampai saat ini, membawa saya mencapai beberapa target, menguatkan saya mengambil beberapa langkah berani, memimpin saya untuk melangkah menuju harapan dan impian meski mungkin harus melewati proses yang sulit.

Setelah moment indah itu, sayapun menyadari bahwa saya lupa mengerjakan beberapa hal yang secara sadar sering saya doakan di waktu-waktu doa pribadi saya, namun jelas bahwa saya belum melakukan tindakan apa-apa untuk mewujudkan hal tersebut. Padahal bukankah Tuhan selalu menjawab doa-doa kita lewat komitmen kita untuk berjuang dan bekerja keras?

Seperti nasihat dari kalimat bijak bahwa hati si pemalas penuh keinginan tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Dimana memimpikan dan mengharapkan segala sesuatu adalah satu hal yang baik, mendoakan semuanya secara bersungguh-sungguh adalah keputusan bijak namun jika tidak mememiliki komitmen bekerja keras untuk mewujudkannya bukankah semuanya juga sia-sia?

Karena itu sekarang coba kamu berhenti sejenak membaca tulisan ini dan ambil secarik kertas dan tuliskan apa yang selama ini sudah kamu doakan untuk dirimu, keluargamu, masa depanmu atau apa saja.

Jika sudah selesai, coba tuliskan apa saja langkah atau usaha yang sudah kamu lakukan untuk mengupayakan semuanya bisa terwujud?

Apakah sekarang kamu bisa melihat dengan jelas? adakah kamu memang sudah mengerjakan yang kamu doakan ataukah belum sama sekali? atau memang kamu selama ini memiliki sejumlah usaha kerja keras namun tidak pernah berdoa?

Menurut saya mumpung hari ini adalah hari libur, coba perbaiki semuanya. Jika kamu belum berdoa, maka segeralah ambil waktu untuk berdoa. Panjatkan doa untuk apa yang sudah kamu tuliskan tadi dan memohon kekuatan dan kemampuan dari Sang Kuasa untuk kamu bisa bekerja keras sehingga bisa mewujudkan harapanmu. Namun jika kamu sudah berdoa dan ternyata belum lakukan apa-apa, maka coba buat list langkah-langkah nyata yang mau kamu lakukan mulai besok. Bukankah itu akan membantumu menjadi lebih produktif?

Karena bagaimanapun mendoakan apa yang sedang dikerjakan membuat kita memiliki kesadaran bahwa tanpa campur tangan dari Tuhan upaya yang sedang atau akan kita lakukan tidak akan maksimal terjadi seperti kehendak-Nya. Dan saat kita mengerjakan apa yang sedang kita doakan maka sesungguhnya itu adalah bukti tanggung jawab kita sebagai manusia yang bersedia berkolaborasi dengan Tuhan.

Bagi saya pemikiran ini cukup memberikan hal positif bagi saya karena ada kesempatan mengevaluasi diri dan memberikan saya semangat untuk berjuang lagi karena saya makin tahu langkah yang harus saya lakukan mulai besok dan pencapaian apa yang sedang saya kejar.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamupun demikian?

Semoga kita bisa bersama memulai minggu yang baru dengan berdoa dan bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s