Pernahkah Kamu Tersenyum Ketika Berdoa?

Berdoa adalah kegiatan rohani yang ada dalam semua kepercayaan agama, dimana hal ini biasanya dilakukan dengan khusuk dan penuh hormat kepada Tuhan. Namun pernahkah kamu tersenyum ketika berdoa?

Saya sendiri mengalami hal ini banyak kali dalam waktu berdoa saya, dimana saat memanjatkan kalimat doa permohonan kepada Tuhan atau di doakan oleh seseorang ada kalimat yang membuat saya tersenyum di waktu mengucapkanya atau mendengarkannya.

Contohnya beberapa tahun yang lalu saat saya pertama kali pulang ke Kupang untuk jangka waktu yang panjang, ada seseorang yang datang berkunjung ke rumah kami. Dan sebelum pulang dia menawarkan diri untuk mendoakan kami sekeluarga, secara khusus saya. Dalam doanya dia meminta agar Tuhan memberikan saya pekerjaan dan kalimat ini membuat saya tersenyum. Kenapa? karena pada saat itu saya sedang sangat sibuk dengan banyak hal yang harus saya lakukan dan selesaikan. Karena itu saya tersenyum, dan berpikir apakah Tuhan akan memberikan tambahan pekerjaan lagi kepada saya, ditengah-tengah kesibukan saya? ataukah Tuhan yang Mahatahu juga tersenyum mendengar permohonan itu karena Dia tahu saya sedang sibuk.

Dan masih ada banyak cerita dari pengalaman saya tersenyum dalam doa. Menurut saya, wajar jika saya menunjukkan ekspresi spontan atas apa saja yang layak saya ekspresikan kepada Tuhan. Termaksud tersenyum.

Karena itu makin hari saya makin memahami bahwa berdoa tidak selalu harus mempersembahkan ke Tuhan wajah yang penuh dukacita dan berlinang air mata. Tapi layak ada saat dimana kita datang ke hadapan-Nya dengan senyum karena nikmat dan kebaikan yang sudah di anugerahkan kepada kita. Bukankah semua yang kita terima membuat kita bahagia? mengapa tidak kita perlihatkan wajah bahagia saat ada dalam waktu pribadi dengan-Nya?

Bayangkan indahnya waktu ketika kita bisa tersenyum dengan Pencipta. Bayangkan damainya hati ini karena kita tersenyum saat berbicara dengan pemilik kehidupan ini.

Mungkin ada yang tidak menyetujui pemikiran ini, tapi bagi saya tersenyum menyapa Tuhan dalam doa adalah ekspresi yang layak diberikan kepada-Nya. Sama seperti saat membiarkan wajah penuh linangan air mata terukir saat menyampaikan keluhan dan pergumulan. Maka senyumpun harus diberikan saat itu berkaitan dengan syukur ataupun merasa bahwa hal itu layak diberikan senyum tatkala kalimat doa dinaikkan.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu pernah punya pengalaman tersenyum saat berdoa? ataukah kamu merasa itu tidak layak dilakukan?

Apapun itu ekspresi yang kamu yakini saat berdoa, semoga kamu tetap setia berdoa kepada Tuhan.

Satu respons untuk “Pernahkah Kamu Tersenyum Ketika Berdoa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s