Catatan Kecil Tentang Guru

Hari ini di Indonesia di peringati sebagai hari guru Nasional, banyak postingan di media sosial yang menuliskan tentang ungkapan terimakasih kepada guru. Saya sendiri sebagai anak bangsa, memiliki catatan kecil tentang guru yang ku kenal, catatan ini merupakan pengalaman pribadi saya dengan guru, yah pengalaman saya dengan para orang hebat itu yang ingin saya bagikan dalam postingan kali ini.

Di bangku SD saya memiliki guru yang sering jadi bahan tertawaan anak-anak dari kelas lebih tinggi, guru itu sering di panggil “guru mengantuk” karena memang beliau selalu akan tidur di kelas. Saat saya masih kelas 1 dan 2 SD ketika jamnya mengajar, pasti ada beberapa menit yang dipakainya untuk memejamkan mata dan tertidur. Dan memang tertidur nyenyak, kadang kami mendengarnya mendengkur. Namun, dia adalah seorang ibu guru yang baik, guru yang bisa menunduk mendengar keluhan anak-anak. Dia adalah sosok ibu yang sering memangku anak yang menangis di kelas sambil terus mengajar, dia memeluk dan mendengar cerita anak-anak dan juga suka bercerita di kelas, dia guru yang pandai bernyanyi, dia guru yang selalu menanyakan alasan mengapa kami melakukan ini dan itu. Karena itu dia salah satu guru yang paling berkesan bagi saya.

Saya juga mengenal beberapa orang guru yang begitu menakutkan bagi siswa, karena ketegasannya dan tidak kenal ampun memberikan hukuman kepada siswa. Setiap jadwal mereka mengajar, kami pasti memastikan diri sudah mengerjakan PR yang diberikan dengan baik. Karena itu, guru sosok ini mendidik kami untuk rajin menyelesaikan tugas PR dan tidak malas. Mereka membuat saya sering belajar dua kali lebih banyak dari biasanya, kadang karena merasa takut di hukum, kadang juga supaya di puji di depan kelas oleh mereka yang terkenal galak ini. Saya mengingat mereka semua ini, karena mereka tetap guru yang hebat bagi saya.

Saya juga mengingat guru yang bijaksana, perhatian, memberikan dorongan yang memberikan harapan bagi siswa untuk menggapai mimpi. Dia adalah guru SD saya yang sangat sederhana, namun di kelas sering memberikan pujian, dorongan dan juga keyakinan bahwa suatu hari saya akan pergi ke banyak tempat, suatu hari saya akan berdiri berbicara di depan banyak orang, suatu hari saya akan menggantikan posisinya tetapi lebih hebat mengajar darinya. Dialah guru yang sampai saat ini, setiap pulang ke kampung halaman saya senang sekali mengunjunginya hanya untuk sekedar bercerita dan berbagi kisah.

Satu yang masih sama, guruku ini masih sama pandangan matanya kepada saya, dia selalu melihat saya dengan tatapan bangga, dia selalu dan selalu memiliki keyakinan bahwa saya masih akan lebih dari yang dilihatnya sekarang. Dulu puluhan tahun yang lalu di bangku SD dia selalu memanggil saya, menepuk pundak saya dan memeluk saya bahkan memanggil saya untuk belajar berdua dengannya ketika dia tahu ada bagian nilai mata pelajaran saya yang tidak sesuai harapannya. Hari ini jika berjumpa dengannya, ini hal yang masih sama dia lakukan, bahkan berkali-kali dia akan menepuk-nepuk pundak saya, memeluk dan memberikan banyak kata-kata inspirasi dan motivasi. Dia adalah guru yang sangat hebat, guru yang akan selalu dicintai.

Bagaimanapun kisah tentang pengalaman saya dengan para guru itu, mereka semua adalah guru saya, orang-orang yang telah membagikan ilmu dan meletakkan dasar yang luar biasa untuk pijakan kaki saya hari ini.

Guru saya tetaplah guru yang tidak akan tergantikan, karena mereka tetap terkenang dan tetap di kagumi.

Bagi saya semua catatan-catatan indah tentang para guru yang pernah mengajari saya, adalah orang-orang rendah hati, sabar dan penuh dedikasi terhadap panggilan jiwanya.

Semua guru yang pernah saya temui pasti hampir sama dengan pengalaman kisah kalian semua dengan tipe guru. Ada yang terkenal baiknya, ada yang terkenal galaknya. Ada yang begitu di tunggu-tunggu kelasnya, namun ada yang selalu di harapkan untuk tidak masuk saat jam pelajarannya. Namun satu yang sama adalah guru tidak akan mungkin bisa dilupakan, saya menyakini bahwa hanya guru yang tidak akan pernah dilupakan.

Yah, hanya guru yang tidak akan bisa dilupakan meski puluhan tahun, meski waktu telah lama berlalu. Guru akan tetap di ingat dan di kenang jasa dan kebaikannya.

Guru adalah pahlawan yang berhasil mencuri hati anak didiknya dan akan selamanya diingat dan dihormati.

Selamat hari guru untuk semua guru-guru di Indonesia

Terimakasih untuk pengabdian dan pengorbananya untuk mendidik dan membangun generasi bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s