Sukses itu Perjuangan Keras Nan Panjang

Di minggu-minggu ini saya sempat berdiskusi dengan beberapa orang dekat saya mengenai topik “sukses“. Memang benar bahwa semua orang mendambakan hal ini, namun faktanya tidak banyak orang yang mampu meraihnya.

Mengapa? alasannya sederhana karena sukses itu adalah sebuah perjuangan panjang dimana di dalamnya ada banyak kesulitan. Karena itu sangatlah wajar jika banyak orang mendambakannya namun sedikit yang berhasil meraihnya. Banyak orang memimpikannya namun hanya sedikit orang yang bisa menjalaninya.

Oleh karena itu sebelum membahas sekeras apa kamu harus berjuang, ada baiknya jika kita mulai dengan pertanyaan ini: kamu ingin sukses di bidang/bisnis apa?

Yah, harus di mulai dari sini. Di bidang/bisnis apa kamu ingin sukses sehingga upaya perjuangan yang dilakukan itu lebih fokus. Karena kamu tahu bahwa ada satu bidang yang menjadi minatmu yang wajib kamu tekuni, pelajari, dan upayakan setiap hari.

Jangan berjuang untuk beberapa hal sekaligus. Jika ingin sukses maka harus pilih satu bidang atau satu jenis bisnis saja. Jangan mau ini dan itu, jangan lihat bidang/bisnis orang lain dan tergiur dengan hal itu padahal kita tidak memiliki kapasitas di bidang tersebut. Cukup pilih satu saja, pilih sesuai dengan minat atau bakat yang ada di dalam diri kita, pilih sesuai dengan kapasitas pengetahuan atau pengalaman yang kita punya.

Jika kamu sudah memilih satu bidang/bisnis maka ada pertanyaan selanjutnya: apakah kamu sudah berjuang keras untuk hal itu?

Berbicara tentang berjuang keras maka ada kaitannya dengan berapa banyak infestasi waktu yang disiapkan setiap hari untuk mempelajari hal itu dan juga untuk mengembangkan hal itu. Apa saja upaya yang sudah dilakukan, sudah berapa kali kamu berjuang untuk mencobanya.

Sukses adalah perjuangan keras yang panjang, tidak satu dua hari langsung kita menjadi sukses. Tetapi ada proses waktu yang panjang, bisa 5 tahun, bisa 10 tahun, bisa 20 tahun dan sebagainya. Intinya tidak instant! Usahanya dan perjuangannya harus berkali-kali dan terus menerus.

Jika kamu sudah memulai dan menekuni sesuatu bidang, atau bisnis tertentu namun rasanya sukses masih jauh, saran saya adalah terus berjuang karena kamu sudah memulainya. Jangan berhenti, jangan mundur karena waktu untuk mencapai sudah di hitung mundur sejak kamu mengerjakannya.

Namun bagaimana jika kamu belum melakukan apa-apa? Saran saya adalah ambil selembar kertas dan tuliskan “kamu ingin sukses di bidang apa/bisnis apa” setelah itu mulai pikirkan apa saja langkah praktis yang harus dilakukan untuk bisa mencapai itu, tuliskan juga dalam kurun waktu berapa tahun kamu ingin mencapainya. Karena jangka waktu yang ditetapkan itu membantu kita untuk menentukan usaha kerja keras seperti apa yang hendak kita lakukan.

Sebab sukses bukan desain instant tetapi sebuah bangunan yang di bangun dengan usaha, kerja keras, tetesan keringat, tetesan air mata dan semua hal yang sulit. Namun jika bangunan itu selesai maka akan nyaman di tempati.

Sukses itu milik semua orang: asal mau bekerja keras dan bersedia di proses dalam waktu yang panjang.

Karena itu terus berjuang, terus bekerja keras, terus mengerjakan apa yang sedang dikerjakan karena sukses pasti akan datang setelah kamu menyelesaikan itu semua.

Sukses pasti menjadi milikmu, kalau kamu tidak menyerah dan putus asa namun mau terus berjuang sampai sukses itu menjadi milikmu.

Selamat berjuang untuk kalian semua, jangan menyerah sampai sukses menjadi milikmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s