100 Postingan

Kemaren ada pemberitahuan bahwa saya sudah membuat 100 postingan di blog saya artinya sudah ada 100 article yang sudah saya tulis sejauh ini. Fantastic!

Lalu sayapun mengambil waktu untuk mereview apa saja dampak positif dari kebiasaan membuat tulisan ini. Ternyaa ada 5 dampak positif yang saya dapatkan:

  1. Saya selalu belajar untuk lebih banyak mendengarkan orang lain; yah ini yang paling saya rasakan, dimana saya menjadi lebih memberikan telinga untuk mendengarkan orang lain tatkala berbicara atau ada percakapan. Hal ini saya lakukan untuk memberikan peluang yang lebih banyak kepada orang lain untuk berbicara sedangkan saya lebih diam sebagai pendengar saja. Karena saya berpikir siapa tahu justru dari pembicaraan dengan mereka saya mendapatkan satu ide untuk menulis.
  2. Hal-hal yang sebenarnya bagi orang lain itu biasa, namun saya malah melihat adanya nilai special di dalamnya; hal ini terjadi karena pengamatan dan penilaian saya terhadap semua fakta yang ada di sekitarnya berbeda, dimana saya melihat itu unik dan menarik dan layak dijadikan inspirasi untuk menulis.
  3. Ada waktu rutin yang saya sediakan untuk diri sendiri; Ini adalah dampak yang sangat saya sukai, dimana saya selalu menyediakan waktu pribadi setiap hari untuk mencari inspirasi ataupun mematangkan ide. Di moment-moment ini saya bisa benar-benar melupakan rasa stres, rasa capek dan memberikan diri saya ketenangan. Durasinya memang selalu tidak sama tetapi selalu ada waktu kosong bagi diri saya sendiri.
  4. Budaya membaca saya menjadi lebih tertata; saya harus akui bahwa salah satu yang sangat saya rasakan adalah membaca buku saat ini sudah sebagai kebutuhan setiap hari. Ada yang saya lakukan di pagi hari, kadang di siang hari ataupun kadang di malam hari. Intinya saya selalu ada waktu untuk membaca, dan saya tidak membaca untuk apa yang saya sukai saja tetapi membaca apa saja yang saya memang ingin ketahui, kadangkala itu berkaitan dengan yang ingin saya tulis atau kadangkala saya lakukan untuk melihat cara orang menulis.
  5. Mulai memiliki ketertarikan terhadap dunia menulis; ini salah satu yang mulai saya sadari beberapa waktu belakangan ini. Dimana saya mulai ketagihan menulis. Kadangkala saya menulis di jurnal pribadi saya namun sayapun juga mulai rutin melahirkan postingan di blog saya ini.

Nah itu adalah 5 dampak positif yang saya rasakan bagi diri sendiri, karena itu mungkin benar bahwa setiap kebiasaan positif yang kita kerjakan secara rutin selalu akan memberikan manfaat positif bagi diri sendiri terlebih dahulu sebelum manfaat itu dirasakan oleh orang lain. Mungkin manfaatnya ada yang langsung kita sadari namun ada yang setelah berjalan lama baru kita menyadarinya.

Saya pikir inipun berlaku untuk semua area kehidupan, karena itu tetaplah berbuat positif setiap hari dalam hidup ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s