Fakta Angkot di Kupang yang Wajib Kamu Tahu

Image result for gambar angkot di Kupang

Angkot (angkutan kota) adalah sarana transportasi umum yang dipakai oleh masyarakat untuk aktivitas bepergian sehari-hari di seputaran suatu kota. Kota Kupang juga memiliki alat transportasi ini yang biasa di sebut bemo. Sepengetahuan saya, angkot di Kupang adalah angkot ter-keren dan ter-kece di Indonesia. Karena memang bemo di Kupang sangat jauh berbeda dengan angkot di daerah lain.

Karena itu jika sedang berada di kota Kupang tidak ada salahnya untuk mencoba alat transportasi yang satu ini. Namun sebelumnya kamu perlu tahu fakta seputaran bemo di Kupang biar paham dan tidak syok.

  1. Full musik; ini adalah salah satu kelebihan dari bemo di Kupang dimana di dalamnya full musik, bukan sembarangan musik yang di putar. Kebanyakan akan memutar musik yang sedang nge-hits. Karena itu jika ingin tahu lagu mana yang lagi hits dari penyanyi dalam negeri maupun manca negara cukup naik angkot di Kupang saja karena pasti kita langsung di buat paham lagu mana yang sedang hits. Hal ini dikarenakan jika ada lagu yang sedang hits pasti akan di putar di kebanyakan angkot di Kupang bahkan bisa di semua angkot lagu tersebut di putar.
  2. Volume musiknya keras; berbeda dengan transportasi umum di daerah lain yang memutar musik dengan volume ala kadarnya untuk memberikan suasana syahdu ataupun sekedar membuat penumpang tidak merasa bosan sepanjang perjalanan. Namun bemo di Kupang musiknya akan di putar dalam ukuran volume yang tinggi dan bas yang keras sehingga kadangkala kita yang berada di dalam angkot bisa merasakan getaran dari speaker mobil yang ada. Rahasianya adalah jika musik tidak di putar dengan keras maka angkot tersebut akan sepi dengan penumpang karena tidak ada orang yang mau naik angkot tanpa musik yang keras dan nge-bas (khususnya kaula muda) biasanya bemo tanpa musik yang keras itu jumlahnya hanya sedikit dan penumpangnya pasti para oma-opa atau orang yang sudah tua.
  3. Banyak pernak-pernik mobil; angkot di Kupang akan di penuhi dengan berbagai macam poster artis dan tulisan-tulisan meme. Ada beberapa juga yang menggunakan poster simbol agama. Jarang ada angkot di Kupang yang bersih tanpa poster ataupun pernak-pernik yang menghiasi angkot. Semakin banyak pernak-pernik yang di gunakan akan membuat angkot itu makin terlihat keren sehingga akan banyak orang yang ingin menggunakan bemo tersebut dan sebaliknya.
  4. Setiap mobil memiliki nama; Ini adalah hal unik dari bemo di Kupang dimana setiap angkot memiliki nama masing-masing. Nama yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dari nama orang, nama kota, kata rohani dan banyak lagi.
  5. Memberi tanda dengan tangan; saat ingin menyetop angkot untuk naik, kita cukup mengulurkan tangan ke depan saat kita berdiri di pinggir jalan, maka si sopir tahu bahwa ada penumpang yang ingin naik angkot. Demikian juga ketika hendak turun, cukup dengan menepuk tangan 2-3 kali, ataupun membunyikan besi pegangan yang ada di dalam angkot. Cara lain adalah dengan mengatakan “kiri nyong” artinya si sopir diminta untuk berhenti.
  6. Penumpang sering cerewet; Hal ini biasanya terjadi jika penumpang diminta untuk duduk mepet-mepet karena ada penumpang lain yang hendak naik, biasanya penumpang yang di dalam sering ngomel karena banyak alasannya yang mereka omelkan. Bahkan parahnya lagi adalah jika ingin turun dan bemonya tidak berhenti persis di depan rumah/jalan/gang yang di maksud maka si sopir pasti akan di marahi oleh penumpang habis-habisan karena itu tidak jarang si sopir akan mundurkan mobil untuk tepat di posisi yang di maksud sebelum si penumpang turun, dan bila si sopir tidak mundur kadang-kadang penumpangnya tidak akan membayar ongkos angkot sambil pergi dengan menggerutu.

Nah, itu adalah 6 fakta yang ada seputaran angkot atau bemo di Kupang yang wajib kamu ketahui. Bila kamu pendatang baru, hal ini sangat penting untuk kamu ketahui sebelum menggunakan transportasi yang diminati oleh masyarakat kota Kupang agar kamu tidak syok dan bingung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s