Lakukan ini maka 2020mu Pasti Sukses

Hari adalah tanggal terakhir di tahun 2019, dimana tinggal hitungan jam saja kita semua akan meninggalkan tahun yang penuh dengan kisah ini. Ada sebagian kita yang mengalami kesuksesan di tahun ini, ada sebagian yang berjuang susah payah untuk melewati tahun ini.

Namun kita semua yang memiliki kisah yang berbeda-beda ini, sebentar lagi akan meninggalkan tahun ini secara bersama-sama dan masuk ke tahun 2020 dimana tidak seorangpun tahu apa yang akan terjadi di dalamnya. Karena itu ada baiknya kamu melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjadikan 2020mu sukses.

Pertama: Ambil waktu untuk evaluasi pribadi

Hal yang sangat perlu kamu lakukan hari ini adalah sediakan waktu pribadi untuk mengevaluasi tahun 2019mu. Hal ini sangat penting sekali sehingga kamu bisa tahu hal apa saja yang perlu di perbaiki lagi, hal apa yang perlu di tingkatkan lagi, hal apa yang masih harus di kejar, hal apa yang harus di ubah dan masih banyak lagi.

Mungkin kamu memiliki budaya kumpul dengan keluarga besar ataupun keluarga inti di hari ini. Namun saran saya sebelum melakukan itu penting untuk mengambil waktu pribadi untuk mengevaluasi diri sendiri sehingga kamu tidak terjebak pada hal yang monoton ataupun cara yang salah atau bahkan menjadi stag di pencapaian yang itu-itu saja.

Kedua: Ambil waktu untuk berdoa

Siapapun kamu, apapun kepercayaanmu. Berdoa pribadi di hari ini adalah ritual yang sangat penting kamu lakukan. Sebelum melakukan semua rencana akhir tahunmu, ada baiknya kamu menyiapkan waktu untuk berdoa sendiri. Kamu bisa bersyukur kepada Tuhan untuk semua hal yang sudah kamu lewati sepanjang tahun 2019. Kamu bisa mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang sudah mengatur hari-harimu di 2019 dengan begitu rupa sampai ada begitu banyak kisah luar biasa yang tak terprediksi yang bisa kamu dapatkan selama tahun 2019 ini.

Di moment ini kamu juga bisa meminta ampun untuk setiap kegagalanmu mencintai Tuhan lewat sikap hidup yang tidak benar selama melewati hari-harimu di tahun yang segera akan kamu tinggalkan ini dan sekaligus memohon kekuatan dari Tuhan untuk bisa menjadi lebih baik lagi di tahun yang baru nanti. Hal lain mengapa kamu perlu memiliki waktu pribadi untuk berdoa di moment ini adalah untuk menyerahkan kepada Tuhan semua rencanamu yang sudah kamu miliki.

Ketiga: Tuliskan semua rencanamu untuk tahun 2020 secara detail

Saya tahu hal ini tidak umum untuk orang lakukan, ada beberapa yang bingung untuk menuliskan rencananya di atas selembar kertas. Namun kamu perlu mencobanya dan melakukannya hari ini. Tuliskan semua rencanamu yang hendak kamu kerjakan, yang ingin kamu kejar dan yang mau kamu dapatkan di tahun 2020. Sebisa mungkin tuliskan semua secara detail, langkah apa yang hendak kamu lakukan, perkiraan waktu untuk mendapatkan hal tersebut, siapa orang yang mungkin akan kamu jadikan sebagai patner untuk meraih hal yang kamu rencanakan itu dan seterusnya.

Keempat: Buang ketakutan dan pesismisme

Beberapa orang begitu galau dengan tahun yang ada di depan ini, karena memang masih sangat rahasia dimana tak ada satupun yang tahu apa yang akan terjadi di dalamnya. Namun jika ingin menjalani tahun 2020 dengan sukses maka perlu hari ini kita membuang rasa pesismisme yang ada di dalam diri karena kegagalan-kegagalan tahun 2019.

Setiap tahun punya kisah sendiri, demikian juga dengan tahun 2020. Karena itu membangun pikiran yang optimis tanpa ada rasa takut adalah modal besar untuk bisa menaklukkan tahun yang ada di depan kita ini. Ada kalimat yang mengatakan “ku tak tahu akan hari esok namun ku yakin siapa yang sedang memimpinku” kalimat ini adalah kalimat iman, dimana jika Tuhan yang masih berkenan memberikan kesempatan bagi kita semua untuk masuk tahun baru maka pasti Dia juga mengatur hal-hal yang indah bagi kita. Karena itu tidak ada untungnya untuk takut dan pesismis sebaliknya kamu harus optimis dan berani melangkah.

Kelima: Perbaiki hubungan dengan sesama

Tentu saja sepanjang tahun ini ada beberapa di antara kita yang memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan sesama; baik itu orang tua, kakak/adik, patner bisnis, rekan kerja dan lainnya. Penting untuk kita memperbaiki hubungan kita dengan mereka di akhir tahun ini, karena siapa yang tahu justru merekalah yang sebenarnya sedang dipersiapkan Tuhan untuk membawa satu potong puzle kesuksesan kita di tahun baru nanti.

Memasuki tahun baru dengan perasaan plong akan membuat kita merasa lebih yakin untuk meraih mimpi-mimpi kita di tahun 2020 karena hidup kita sedang di kelilingi oleh mereka yang kita cintai dan mencintai kita. Ayolah berteman dengan semua orang.

Nah itu adalah lima yang harus kamu lakukan di hari ini untuk menaklukan 2020mu menjadi tahun meraih kesuksesanmu.

Selamat melakukannya dan Happy new year!

4 respons untuk ‘Lakukan ini maka 2020mu Pasti Sukses

  1. Amin.mks syng.selamat menyosong tahun baru yang tinggal beberapa menit lagi.selamat memasuki tahun baru 2020.Tuhan menyertai selalu.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s