Tips Hidup Sehat 2020 di Kampung Kupang-Mudah dan Murah

Apabila berbicara tentang hidup sehat, maka topik ini sudah merupakan pembahasan yang umum di lakukan oleh orang-orang di kota yang umumnya sudah mengetahui tentang pentingnya hidup sehat. Namun bagaimana dengan orang di kampung?

Itulah sebabnya kali ini saya ingin memberikan tips hidup sehat di tahun 2020 ala orang kampung. Kampung yang saya maksudkan adalah desa atau dusun atau suatu daerah administrasi kecil di bawah kecamatan.

Apa saja tipsnya? yuk di baca…..

Pastikan lingkungan sekitar rumah selalu bersih

Entah di kota atau di desa, kebersihan lingkungan rumah adalah hal yang kudu wajib diperhatikan. Buat konteks di kampung, masalah kebersihan yang umum terjadi di sekitar lingkungan rumah adalah penumpukan sampah dedaunan atau rimbunnya pohon-pohon yang memungkinkan nyamuk bersarang di sana.

Karena itu penting untuk membakar sampah dedaunan yang sudah di sapu dan juga memangkas tanaman bunga ataupun pohon-pohon yang rimbun di sekitaran rumah. Bagian-bagian pohon yang rimbun dan berjuntai ke tanah yang memungkinkan untuk menjadi tempat bersarangnya nyamuk perlu di pangkas apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini.

Hal lainnya adalah memperhatikan selokan air dan aliran air dari talang rumah, jika ada yang mampet atau tertutup atau rusak segeralah di perbaiki. Biasanya talang air suka tersumbat oleh daun-daun kering yang jatuh di waktu musim kemarau sehingga menghambat aliran air hujan yang jatuh ke talang air. Karena itu penting untuk mengecek lagi bagian-bagian ini.

Basmi sarang nyamuk

Biasanya di kampung, nyamuk memiliki banyak tempat bersarang. Mulai dari tempat penyimpanan air, gantungan pakaian, rimbunan tanaman di sekitaran rumah, talang air, got/selokan, dan di barang-barang bekas. Karena itu penting untuk membersihkan semua area ini, menyemprot dengan obat nyamuk ke area-area gelap di dalam rumah dan juga ke tempat-tempat seperti kolong tempat tidur, kolong lemari, dll.

Dulu di kampung saya biasanya sekitaran rumah di asap dengan memakai daun pepaya yang sudah kuning, yaitu dengan membakar daun pepaya yang sudah kuning ke bara api dan mengelilingi rumah. Alhasil asap yang dihasilkan mengusir nyamuk, namun kendalanya adalah tidak semua rumah memiliki tanaman pepaya yang cukup. Karena itu cara yang paling mudah adalah membersihkan tempat-tempat yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Jika ada jentik nyamuk di dalam tempat penyimpanan air segera di kuras dan di ganti dengan air yang baru lalu di tutup dengan rapat. Memang seringkali di banyak rumah di kampung tempat penyimpanan air mandi masih di dalam drum-drum atau tempat-tempat penyimpanan terbuka. Karena itu tidak salahnya coba mencari cara untuk menutup supaya nyamuk tidak bertelur disana dan berkembang biak. Jika itu dalam bentuk bak atau tempat yang sulit di tutup coba datangi puskesmas dan minta obat untuk mematikan jentik nyamuk yang biasanya di kasih secara gratis dari puskesmas.

Konsumsi sayuran segar dari kebun setiap hari

Salah satu keuntungan hidup di kampung adalah kita bisa menikmati makan sayur yang baru dipetik dan langsung di masak. Biasanya di kampung di musim hujan seperti ini, banyak sekali tumbuh sayuran di kebun.

Di rumah saya, biasanya di musim hujan seperti ini, ada tumbuh banyak sekali bayam hijau organik (kami tidak menanamnya dan tidak memupuk-tumbuh sendiri di kebun), daun singkong, daun kelor, daun moringga dan masih banyak sekali sayuran yang tumbuh di kebun tanpa kami menanamnya-sudah ada. Karena itu saya senang mengkonsumsi sayuran segar dari kebun, karena di jamin sangat sehat.

Di kampung biasanya sayuran tidak dimasak aneh-aneh, banyak yang di bening saja atau bahkan direbus saja. Walaupun dimasak sangat sederhana namun menurut saya ini sangat sehat.

Makan buah-buahan petikan dari kebun setiap hari

Nikmat lain dari tinggal di kampung adalah jarang membeli buah, karena buah pasti akan selalu ada mengikuti musim buah yang ada. Buah bisa diambil di kebun sendiri atau dikasih oleh tetangga kampung secara gratis. Karena itu biasakan untuk selalu mengkonsumsi buah, baik itu dengan di buat jus atau dimakan seperti biasa saja. Jangan lupa untuk mencuci bersih buah yang dipotong sebelum di makan.

Saya tahu ada beberapa orang di kampung yang tidak suka makan buah tertentu yang tersedia di kebun karena alasan tidak suka. Namun bagaimana jika mencoba makan buah dengan cara di jus, atau bisa juga dengan di buat rujak, atau manisan. Pasti jadi suka.

Karena itu silahkan temukan cara makan buah yang tepat ala kamu, yang penting kamu bisa tetap mengkonsumsi buah dengan teratur.

Tidur yang teratur

Orang kampung biasanya jam tidurnya lebih teratur dibandingkan dengan orang kota dan juga jam tidur orang kampung berbeda dari jam tidur orang kota. Biasanya di kampung saya di Kupang, orang sudah tidur sekitar jam 9 atau paling lambat jam 10 malam, lalu sudah akan bangun di jam 4 subuh untuk mulai beraktifitas. Dan menariknya orang di kampug saya pasti ada jam tidur siang setiap hari.

Walaupun demikian, saya tetap mengingatkan hal ini bahwa sekalipun itu sudah sangat baik namun tetap saja ada beberapa orang yang akan terganggu jam tidurnya karena harus menjaga kebun, menjaga hasil panen, menjaga hewan peliharaan di waktu malam agar tidak dicuri, dll. Karena itu sangat penting untuk tetap memperhatikan jam tidur yang ada, biar kita tetap sehat.

Minum air putih yang cukup

Saya merasa ini masih menjadi PR yang belum bisa dikerjakan oleh orang kampung sepenuhnya. Yahh…. soal minum air putih yang cukup. Di kampung saya sering saya memperhatikan orang-orang tidak minum air putih waktu bangun tidur, karena biasanya langsung meminum teh atau kopi. Jika di siang hari mereka kehausan kebanyakan mencari aneka minuman lain yang bukan air putih.

Jika disuruh untuk minum air putih biasanya pasti ada banyak jawaban ngelesnya.

Karena itu penting sekali untuk kita yang tinggal di kampung memperhatikan kebiasaan minum air putih seperti saran dokter yaitu 8 gelas sehari atau 2 liter per hari.

Nah.. itu dia 6 tips hidup sehat di kampung dari saya di Kupang yang bisa kamu contek karena mudah di lakukan dan sangat murah.

Apakah kamu punya cara hidup sehat yang mudah dan murah di kampung yang berbeda? silahkan dibagi disini biar kita sama-sama hidup sehat yah meski di kampung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s