4 Cara Menghilangkan Stres Saat Mengajar Yang Wajib Guru Ketahui

Mengajar di depan kelas adalah pekerjaan harian dari seorang guru, namun seprofesional apapun seorang guru tidak dapat di pungkiri bahwa kadang-kadang ada rasa stres yang di hadapi saat berada di depan kelas. Karena itu dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi tentang tips yang biasa saya lakukan saat mengalami stres saat mengajar.

1. Deteksi Sumber Stres Secara Cepat

Salah satu kemampuan yang harus di miliki oleh seorang guru adalah mampu mendeteksi sumber stresnya sendiri maupun sumber stres siswa saat proses belajar sedang berlangsung.

Mencari tahu apa yang menyebabkan kita sebagai seorang guru merasakan stres saat berada di depan kelas, adalah hal yang paling penting. Kadangkala penyebabnya adalah karena kurangnya percaya diri (self confidence) dari guru sendiri saat berada di depan kelas, atau sumbernya adalah dari siswa, suasana, iklim dan lainnya.

Itulah sebabnya sangat penting sekali untuk mendeteksi sumber stres sehingga kita dapat memikirkan cara apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

2. Hentikan Kegiatan Mengajar Sesaat

Ini adalah cara sederhana namun sangat membantu ketika kita mengalami stres di dalam kelas saat mengajar yaitu dengan menghentikan kegiatan mengajar sesaat.

Waktu pause sesaat ini bisa di pakai untuk mengadakan kegiatan menyenangkan dengan siswa. Misalnya dengan meminta mereka bernyanyi, strecing, putar musik dan meminta anak mengikuti gerakan lagu tersebut, dan lainnya.

Biasanya pausing sejenak dapat menjadi senjata ampuh untuk memikirkan solusi atau cara mengatasi stres yang kita hadapi juga lho.

3. Ubah Bentuk Kelas Sekali Lagi

Apabila masalah yang menyebabkan Bapak/Ibu guru stres ketika mengajar adalah dari siswa karena berisik, mereka tidak konsentrasi, tantrum, dan lainnya maka tidak ada salahnya untuk mengambil langkah ini yaitu mengubah posisi duduk dari anak-anak. Misalnya duduknya menjadi melingkar, berkelompok, bentuk huruf U, duduk melantai dan lainnya. Intinya mengubah bentuk kelas bisa memberikan suasana baru dimana hal ini menguntungkan bagi kita sebagai guru maupun bagi siswa karena ada suasana baru di dalam kelas.

4. Selingi Aktivitas Belajar Dengan Kegiatan Menyenangkan

Sebagai seorang guru stok aktivitas menyenangkan bagi siswa itu selalu harus ada dalam pikiran kita. Sehingga tatkala proses belajar itu menjadi tegang dan serius dimana berujung pada stres baik di rasakan oleh siswa maupun oleh guru maka menyelingi kegiatan mengajar dengan melakukan aktivitas menyenangkan adalah trik jitu untuk menolong kita terbebas dari rasa stres.

Kegiatan menyenangkan ini bisa dengan melakukan games sederhana namun bermanfaat untuk proses belajar mengajar. Dimana sembari melakukan games kita bisa sambil mengecek pemahan siswa terhadap materi yang sedang atau sudah di pelajari.

Misalnya berdiri melingkar dalam ruangan dan melempar bola, pertama-tama guru yang melemparkan bola kepada seorang siswa lalu siswa tersebut menangkapnya dan guru akan memberikan pertanyaan kepadanya jika siswa tersebut bisa menjawab maka dia memiliki hak untuk memilih bola di lempar temannya yang lain dan kali ini dia bisa memberikan pertanyaan kepada temannya. Tetapi jika dia tidak bisa menjawab maka dia harus menciptakan satu gerakan lucu yang harus di ikuti teman-temannya (ingat gerakannya harus unik dan lucu). Bapak/Ibu guru bisa mengreasikannya sesuai dengan keinginan.

Demkian 4 cara untuk menghilangkan rasa stres ketika mengajar dari saya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s