Pesona Gunung Fatuleu

Gunung Fatuleu adalah wisata alam murah yang memanjakan mata dan juga menyegarkan pikiran, dimana lokasi ini berada tidak jauh dari wilayah Kota Kupang. Pada saat berkunjung ke tempat ini jika dengan bersepada motor maka kita hanya akan di pungut biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah saja dan 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Saya memerlukan waktu antara 45 menit sampai 1 jam saja dari Kupang Tengah untuk bisa menikmati keindahan bukit batu yang berada 875 km di atas permukaan laut. Dimana saat berada disini saya di manjakan oleh udara pegunungan yang adem dan suasana yang tenang membuat saya benar-benar lupa akan panasnya udara wilayah Kota Kupang yang sesungguhnya dan hiruk pikuk perkotaan.

Menurut saya jika ingin menikmati keindahan alam disini secara utuh maka sebaiknya datang dengan menyiapkan waktu yang cukup agar bisa merasakan sensasi mendaki ke puncak gunung dengan melewati 1500 anak tangga. Dimana jika sudah berada di puncak gunung kita bisa menikmati pemandangan kota Kupang secara menyeluruh bahkan matapun akan dimanjakan dengan pemandangan melihat garis pantai yang ada di bagian sebelah barat dari gunung ini dan pemandangan beberapa gunung batu yang berada di sekitar wilayah Fatuleu.

Jangan kuatir jika udara dingin membuat perutmu lapar karena di sekitaran wilayah gunung ini ada para pedagang lokal yang menyiapkan dagangan yang bisa kita nikmati dengan jangkauan harga yang menurut saya sangat normal. Ada kelapa muda yang sangat nikmat rasa segarnya bisa di nikmati disini hanya dengan harga 7 ribu rupiah, ada kopi, teh, jagung goreng, kacang gula dan berbagai jajanan lain yang di di jajakan oleh warga lokal dari desa Nunsaen.

Kitapun bisa duduk berjam-jam untuk menikmati alam di bawah lopo yang sudah di sediakan di sekitar area gunung Fatuleu, dan menunggu pemandangan indah jika hari mulai sore yaitu pemandangan kabut yang turun menyentuh pepohonan seolah-olah langit sedang turun untuk menyentuh tanah dengan caranya sendiri yang membuat udara menjadi terasa dingin.

Karena masyarakat disini memiliki keyakinan bahwa gunung ini ada unsur mistisnya maka jika berkunjung ke sini dan ingin mendaki sebaiknya tidak boleh sendirian, mendakilah bersama dengan rombongan. Dan jika berbicara sewajarnya saja dan tidak perlu berteriak-teriak di sekitaran puncak gunung apalagi tanpa pemandu dari masyarakat lokal dan juga yang paling penting adalah rajinlah beramah tamah dengan warga lokal yang ada di sana karena mereka adalah orang asli di wilayah tersebut yang turut menjaga wilayah gunung ini.

Menurut saya yang sudah beberapa kali datang ke sini, saat ini gunung Fatuleu sudah di tata menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya, dimana papan nama juga sudah dibuat bagus, lopo, toilet dan tangganya sudah sangat memberikan alasan untuk pengunjungnya bisa berlama-lama disini untuk menikmati keindahan gunung batu ini dan suasana desanya secara utuh.

Karena itu menurut saya, tidak ada salahnya jika menjadikan Gunung Fatuleu sebagai destinasi wisata jika kamu sedang berada di Kupang, karena jika ke sini kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih lagi tentang keindahan dari wilayah pulau karang ini sekaligus juga memberikan pemahaman bahwa Kupang tidak semua wilayahnya panas seperti yang banyak orang katakan di luar sana. Dan yang paling penting adalah saat ada disini kamu akan menikmati ketenangan desa dan alamnya yang benar-benar membuat kamu akan menjadi fresh.