Sedapat Mungkin Jangan Bergantung Pada Orang Lain

Manusia memang makluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa sesamanya, namun kehidupan masa kini mengajarkan kita untuk mandiri tanpa perlu bergantung pada orang lain. Dalam konteks ini yang saya maksudkan adalah jangan sampai dalam segala hal kita terus mengharapkan bantuan orang lain atau untuk semua urusan kita terus berharap orang membantu untuk bisa menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu.

Terus bergantung pada orang lain ada dampak negatifnya yaitu menciptkaan rasa malas dalam diri kita dan juga membuat kita menjadi lemah dalam berjuang. Dampak negetif lain adalah kita menjadi lambat bertindak untuk hal-hal praktis dalam hidup sebab kita berharap orang lain yang akan menyelesaikannya bagi kita. Dampak yang lebih buruk dari semuanya lagi adalah kita menjadi bahan pembicaraan orang atau suatu hari orang yang kepadanya kita bergantung menjadi mengungkit-ungkit apa yang telah dilakukannya untuk kita alhasil nama kita menjadi tercemar atau merusak relasi kita dengan dia.

Sedapat mungkin dalam kehidupan ini kita belajar untuk bertanggung jawab menghadapi kenyataan hidup dengan terus berjuang tanpa perlu merepotkan orang lain untuk terus membantu urusan pribadi kita. Hal ini bukan bermaksud untuk menjadi egois dan tidak membutuhkan pertolongan atau bantuan orang lain. Tetapi sedapat mungkin kita maksimal untuk berjuang menyelesaikan segala hal secara mandiri.

Belajar mengerjakan semua hal secara mandiri juga membantu kita untuk belajar mengeksplor kemampuan yang ada dalam diri kita dan belajar bertanggung jawab dengan kehidupan kita sendiri.

Karena itu tidak ada salahnya untuk kita selalu belajar bahwa sedapat mungkin tidak perlu bergantung pada orang lain, tetapi mengerjakan sendiri sehingga kita makin tahu akan apa itu berjuang dalam hidup.

Selamat berjuang setiap hari, karena kamu semua adalah pejuang kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s