5 Kebiasaan Siswa Kelas Rendah Yang Menguji Kesabaran Guru

Dalam tulisan kali ini saya ingin menuliskan hal-hal yang menjadi kebiasaan dari siswa kelas rendah, yaitu siswa kelas 1 sampai kelas 3 SD (Sekolah Dasar). Dimana hal-hal tersebut justru suka menguji kesabaran dari guru atau wali kelasnya.

Apa saja?

nomor 1 yaitu kebiasaan Kejar-kejaran di dalam kelas

Ini adalah merupakan kebiasaan dari anak kelas rendah yang selalu akan terus dilakukan setiap hari yaitu kejar-kejaran dengan temannya di dalam kelas. Jika guru menegur maka sebentar lagi akan di ulang lagi. Aktivitas ini begitu sangat menyenangkan bagi mereka sehingga akan terus mereka lakukan begitu tidak ada guru di kelas atau jika jam istirahat tiba namun justru hal ini sangat menguji kesabaran gurunya karena harus menegur mereka lagi dan lagi dan membuat kelas menjadi berantakan bahkan ada yang sampai terjatuh dan cedera atau menangis.

Kebiasaan nomor dua adalah Makan jajan di dalam kelas saat pelajaran sedang berlangsung

Makan di dalam kelas saat pelajaran merupakan kebiasaan dari anak-anak kelas rendah yang memang sulit untuk di hentikan karena mereka pandai menyembunyikan jajan mereka di dalam kantong baju, kantong celana, tas buku atau bahkan di dalam laci mejanya. Dan saat guru sedang asyik mengajar mereka suka melakukan hal ini, yaitu mengambil jajanan mereka dan memasukkannya ke dalam mulut mereka.

Melompat dari satu meja ke meja yang lain

Anak-anak senang sekali melompat dari satu meja/kursi ke meja/kursi lainnya tanpa tahu jika mereka akan jatuh dan menjadi terluka atau cedera. Bagi anak-anak di kelas rendah ini merupakan aktivitas yang memiliki keseruan tersendiri dimana kadangkala mereka melakukannya sambil kejar-kejaran dari satu meja/kursi ke meja/kursi lainnya.

Kebiasaan nomor tiga adalah Menyembunyikan pensil/pulpen dan penghapus temannya

Kebiasaan usil dengan menyembunyikan alat tulis temannya suka menjadi hal yang hampir akan selalu terjadi di dalam kelas rendah. Entah kenapa namun anak-anak ini seolah ada kepuasan tersendiri jika melihat temannya kebingungan mencari barang miliki mereka. Karena itu tidak heran tindakan ini harus guru/wali kelasnya turun tangan barulah mereka akan memberitahukan dimana mereka meletakkan atau menaruh alat tulis teman mereka tersebut. Bisa kebayangkan jika dalam sehari ada beberapa anak yang melakukan hal ini, gimana gurunya tidak diuji kesabarannya?

Kebiasaan nomor empat adalah Sering ijin untuk keluar kelas saat jam pelajaran sedang berlangsung secara berkelompok

Akan ada saja alasan yang membuat siswa kelas rendah meminta ijin berulang-ulang kali saat jam pelajaran sedang berlangsung dan itu membuat mereka akan keluar ruangan berkelompok. Contohnya jika ada salah satu dari mereka yang ijin dengan ke toilet maka akan ada temannya yang ikut walaupun sebenarnya tidak membutuhkan toilet dan ada lagi yang lain sehingga membuat mereka berkelompok ijin ke toilet.

Kebiasaan kelima adalah Lupa lagi dan lagi untuk membawa buku aktivitas/buku tugas/LKS.

Ini merupakan salah satu kebiasaan dari anak kelas rendah yang suka menguji kesabaran gurunya yaitu dengan melupakan lembar kerja siswa (LKS), buku aktivitas, buku pelajaran yang harusnya di bawa apalagi jika di rumah orang tuanya tidak terlalu memperhatikan anaknya ketika berangkat ke sekolah apakah sudah lengkap semua barang yang harus di bawa. Karena itu tidak heran bahwa hal ini akan terus terulang secara terus menerus karena memang mereka belum bisa bertanggung jawab untuk menyiapkan semua keperluan ke sekolah setiap harinya. Karena itu wajar saja bahwa hal ini juga sering kali membuat guru harus terus bersabar menghadapinya dan memberikan catatan kepada orang tua.

Karena itu jika kamu adalah seorang guru, kira-kira kebiasaan nomor berapa yang paling menguji kesabaran kamu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s