Panggilan Orang Timor yang Ada Harganya

Suku Timor adalah suku yang unik dengan keberadaan budayanya yang kebanyakan budaya tersebut masih di pelihara dengan baik sampai hari ini. Salah satunya adalah soal panggilan kepada seseorang, karena tidak sembarangan seseorang di berikan status di Timor maka untuk panggilan yang diberikan kepada seseorang biasanya ada harga di dalamnya.

Baca juga:panggilan di kupang yang wajib diketahui artinya oleh pendatang

Berikut ini saya bagikan beberapa panggilan yang memiliki harganya bagi suku Timor.

  1. Usif artinya raja, di Timor masih ada istilah usif dimana ini di warisi oleh marga-marga besar di Timor yang pada zaman dahulu mereka adalah raja yang mengepalai wilayah administarasi di daratan Timor. Seorang yang mendapatkan panggilan Usif biasanya memiliki kewajiban untuk menjadi tokoh panutan dan penasehat untuk masyarakat karena di anggap sebagai bangsawan yang layak di hormati.
  2. Atoin Amaf ini adalah panggilan yang memiliki harga yang sangat mahal di Timor. Karena tidak sembarangan orang mendapatkan panggilan ini, ini biasanya panggilan yang di sematkan kepada anak laki-laki pertama dari satu marga/keluarga. Jika seseorang mendapatkan julukan ini maka siap-siaplah untuk terus berkorban secara materi karena semua urusan berkaitan dengan adat istiadat mulai dari untuk upacara pernikahan, upacara kelahiran bayi atau penamaan bayi bahkan sampai upacara kematian di dalam marga tersebut, seorang Atoin Amaf wajib hadir dan memberikan sumbangan. Biasanya acara-acara yang berjalan di dalam marga tersebut tidak akan berjalan jika seorang Atoin Amaf tidak hadir.
  3. Amaf-Ain artinya Bapak-Mama biasanya merupakan panggilan kepada ayah dan ibu kandung maupun kepada orang laki-laki dan perempuan tua yang dihormati. Biasanya yang mendapatkan panggilan amaf-ain dalam urusan adat mereka pasti memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.
  4. Olif-Tataf artinya adik-kakak panggilan ini biasanya bukan hanya diberikan kepada yang saudara kandung namun juga diberikan kepada mereka karena urutan dalam marganya. Dalam tanggungan adat biasanya yang mendapatkan gelar ini memiliki peran di dengar dan juga memberikan kontribusi besar dalam urusan adat dalam saudara-bersaudara.
  5. Atoni artinya laki-laki dan bife artinya perempuan. Atoni biasanya yang bekerja di kebun dan mencari uang dengan pekerjaan lain sedangkan bife biasanya mengurus anak, menenun dan semua urusan rumah lainnya.

Karena itu benar bahwa tidak ada panggilan yang tak memiliki harga yang ada di Timor karena jika sudah berkaitan dengan adat istiadat setiap panggilan memiliki kewajibannya tersendiri.

Selamat mempelajari yah, semoga membuat kamu makin tahu budaya dari Timor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s