Anak Kecil Selalu Punya Cara Sederhana Nan Tulus Untuk Membuat Orang Dewasa Bahagia

Tulisan ini terinspirasi dari semua kejadian nyata yang saya alami dengan anak-anak kecil, baik yang di PAUD, SD, Sekolah minggu, anak tetangga dan keponakan sendiri.

Saya melihat bahwa dalam keadaan sesesak apapun karena masalah di keluarga, tuntutan pekerjaan ataupun karena hal-hal yang dihadapi dalam kehidupan sebagai orang dewasa, perasaan tiba-tiba menjadi plong saat ada kesempatan untuk interaksi dengan anak kecil.

Makluk kecil yang tidak banyak tahu tentang masalah asam garam kehidupan ini selalu memiliki cara yang sangat tulus dari sikap mereka untuk membuat orang dewasa dapat merasakan bahagia.

Contoh kecil yang saya alami langsung beberapa hari kemarin, dimana saya sedang bekerja di suatu tempat di luar rumah untuk menyelesaikan beberapa target yang harus saya selesaikan hari itu juga. Tiba-tiba tanpa sepengetahuan saya, keponakan saya datang bersama ibunya dari arah belakang dan menghampiri saya, moment sederhana kehadirannya itu memberikan kebahgiaan bagi saya sekaligus energi untuk menyelesaikan target saya hari itu.

Saya berpikir orang dewasa harus belajar untuk bisa seperti mereka ini, dimana seharunya kita bisa belajar untuk menunjukkan tindakan dan sikap sederhana yang tulus untuk membuat orang lain bahagia. Entah itu pasangan kita, saudara kita, orang tua kita, teman kita atau rekan kerja kita.

Saya tahu bahwa sangat sulit sebagai orang dewasa untuk bisa melakukan hal ini karena berbagai alasan. Namun sesungguhnya dunia di sekitar kita sedang membutuhkan sentuhan tulus yang sederhana agar mereka yang disekitar kitapun bisa terus merasakan kebahagiaan melalui kita.

Video saat keponakan menghampiri saya

Beberapa orang di sekitar saya sangat berkesan bagi saya pribadi karena mereka selalu memberikan sentuhan dan sikap sederhana terhadap saya. Dan ajaibnya adalah saat mereka melakukan hal itu, tepat di moment down nya saya sehingga sikap dan aksi mereka itu justru memberikan energi yang luar biasa.

Karena itu bayangkan saja jika mulai hari ini kita berkomitmen untuk setiap hari menunjukkan satu sikap sederhana nan tulus bagi orang-orang yang kita cintai, maka ada berapa banyak kebahagiaan kecil yang akan kita ciptakan untuk mereka itu selama mereka hidup di sekitar kita?

Satu aksi tulus sederhana bisa jadi hanya lewat ucapan “selamat pagi“, atau satu sms/whatsapp dengan isi “apa kabar/aku teringat dirimu hari ini“, atau membawakan minuman kesukaan orang tersebut, atau lakukan satu telepon singkat, atau apa saja yang sederhana yang bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan banyak pengorbanan untuk melakukan hal itu.

Sama seperti satu anak kecil di rumah dapat memberikan kebahagiaan bagi semua penghuni rumah lewat beberapa aksi dan sikap lucunya. Maka saya juga membayangkan bagaimana jika kita semua melakukan hal-hal kecil yang tulus untuk orang lain sehingga membuat dunia ini penuh dengan cinta-cinta kecil yang membuat semua orang di dalamnya berbahagia.

Karena itu kebetulan sekali hari ini adalah weekend sehingga ada banyak waktu luang kita, bagaimana kalau kita semua membuat satu tindakan sederhana untuk orang-orang yang kita cintai. Bayangkan bagaimana mereka tersenyum, bayangkan bagaimana mereka merasa lega karena aksi sederhana kita itu, bayangkan bagaimana mereka merasakan kebahagian karena kita.

Selamat menikmati weekend dan selamat menabur cinta bagi orang-orang terkasih di sekitarmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s