Tidak Ada Sekolah Untuk Menjadi Orang Tua, Tetapi Semua Orang Tua Dituntut Sempurna Sebagai Teladan Untuk Anak

Tidak ada sekolah yang didirikan khusus untuk seseorang dipersiapkan menjadi orang tua yang baik. Namun orang-orang yang mendapatkan prevelidge untuk menjadi orang tua dituntut untuk menjadi teladan bagi generasi di bawahnya. Karena sebuah keteladanan jauh lebih efektif dari semua pengajaran yang hanya berbentuk teoritis saja.

Orang tua tidak diminta untuk tahu segalanya tentang ilmu pengetahuan, namun dalam segala hal tentang sikap hidup, orang tua diminta untuk menjadi teladan bagi anak mereka.

Berat bukan menjadi orang tua?

Tapi itulah realitanya di dunia. Semua orang tua dimintai untuk menjadi contoh dan panutan bagi buah hatinya. Orang tua diharapkan menjadi contoh dalam iman, dalam perkataan, dan dalam sikap dan tingkah hidup setiap hari.

Karena itu panggilan menjadi orang tua itu memang sebuah panggilan yang berat. Karena menurut saya setiap anak tidak bisa menjadi teladan bagi orang-orang disekitarnya jika mereka tidak mendapatkan keteladan dari orang tuanya.

Setiap anak akan selalu mengingat akan contoh hidup apa yang sudah diberikan oleh orang tuanya. Dan apa yang mereka lihat dari orang tuanya membekas seumur hidup dalam ingatan mereka. Bahkan mereka akan memultiplikasi apa yang mereka lihat dan pelajari dari orang tuanya untuk dibagikan ke generasi mereka.

Memang tidak ada orang tua yang sempurna, tidak akan ada orang tua ideal di dunia ini. Namun semua orang tua di dunia pasti terus berjuang dari hari ke hari untuk menjadi yang terbaik bagi anak-anaknya.

Semua orang tua memiliki kelemahan, kekurangan dan keterbatasan namun semua orang tua di dunia di tuntut untuk terus berjuang untuk memberikan kesan yang mendalam di benak anak-anaknya tentang hal positif dari nilai-nilai kehidupan yang diajarkan agama, budaya dan nilai moral yang baik yang ada di masyarakat.

Tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua, namun semua orang tua diberikan kesempatan oleh kehidupan untuk terus belajar dari semua kelas kehidupan untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Karena itu tugas anak adalah belajar keteladan dari orang tua dan mentaati mereka. Sedangkan tugas orang tua adalah menginspirasi anak lewat tutur kata, tingkah laku dan pola pikir yang benar setiap hari.

Akan selalu ada titik lemah dari orang tua untuk tidak menjadi contoh bagi anak-anaknya. Tapi hendaklah setiap orang tua tidak berselimut dengan kelemahan itu secara terus menerus dan lupa memberikan keteladanan hidup. Karena dunia saat ini dengan mudah memberikan berbagai pengajaran kepada manusia yang tinggal di dalamnya lewat berbagai kemudahan untuk mendapatkan akses berbagai ilmu pengetahuan. Namun sesungguhnya dunia sedang haus akan keteladanan karena mereka yang dianggap akan menjadi teladan dan inspirasi hidup baik dan benar justru sedang melenceng jauh dari harapan itu.

Karena itu untuk memperbaikinya, saya mengajak kita untuk memulai dari setiap keluarga kita. Mulai dengan setiap orang tua untuk menjadi teladan bagi anak-anaknya. Sehingga bangsa ini di penuhi dengan orang tua yang berintegritas dan pada akhirnya dunia akan kembali dipenuhi dengan orang-orang yang layak dicontohi kehidupan mereka.

Mari mulai dari keluargamu

Mari mulai untuk anak-anakmu

Biarkan Indonesia dipenuhi dengan orang tua yang berintegritas

Biarkan dunia kembali diberikan warna yang kuat tentang keteladanan

Selamat menjadi teladan wahai semua orang tua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s