Bertanyalah Kepada Semua “Ibu” Harus Sesabar Apa?

Itu adalah arti sabar yang saya temukan dalam kamus besar bahasa Indonesia. Karena itu untuk belajar sabar saya pikir sebaiknya bertanyalah kepada ibu.

Tidak perduli apakah dia berpendidikan atau tidak, tanyalah kepadanya tentang kesabaran maka dia akan menjelaskan kepadamu.

Tanyalah harus sesabar apa saya terhadap hidup? Dia pasti akan memberikanmu penjelasan yang sederhana namun akan sulit untuk kamu lakukan.

Bertanyalah harus sesabar apa saya terhadap seseorang? Dia akan menceritakan kepadamu tentang bagaimana dia sabar menghadapimu. Dan itu akan makin sulit untuk kamu lakukan lagi!

Karena bukti sabarnya ibu adalah bagaimana dia sabar mencintaimu sampai hari ini. Eits, jangan munafik, kamu seringkali menguji kesabarannya bukan? dalam segala hal dan dalam banyak waktu kamu selalu menguji kesabarannya!

Sekarang coba pikirkan kenapa kamu sering meledak-ledak emosimu, kenapa kamu susah mengatur emosimu yang membuat banyak orang disekitarmu terganggu dan bahkan kamu tidak disukai banyak orang.

Tidak usah berguru dan bertanya pada guru yang jauh, cukup sediakan segelas teh dan duduklah dengan ibumu dan bertanyalah kepadanya. Bagaimana agar saya bisa menjadi lebih sabar?

Okey, mungkin ibumu telah berpulang kepada Sang Khalik, coba duduklah sejenak di pusara dan renungkanlah tentang kesabaran yang dimilikinya. Kenapa saya tidak memiliki kesabaran yang besar sepertimu?

Tanyalah kepada ibumu bagaimana ia begitu sabar menghadapi ayah, bagaimana ia begitu sabar menghadapi kamu dan kakak atau adikmu. Tanyalah kepada ibu bagaimana ia sabar terhadap mertuanya, tanyalah kepadanya bagaimana ia sabar menghadapi sederetan manusia yang ada di sekitarnya.

Mengapa kamu tidak bisa sabar?

Belajarlah pada ibu, mintailah dia wejangan untuk kamu bisa melakukannya juga.

Jangan sombong! mintailah nasihatnya agar kamu bisa lebih sabar.

Sabar artinya tidak mudah putus asa.

Kenapa kamu mudah menyerah? kenapa kamu mudah meninggalkan perjuangan dan menjadi pemalas sehingga menggantungkan hidup pada orang lain.

Tanya ibu! Tanya kenapa dia tidak pernah menyerah, tanyalah kenapa dia begitu kreatif menanggapi jalan perjuangan. Tanyalah kenapa dia tidak pernah patah arang dengan kehidupan.

Lalu kenapa kamu yang adalah anaknya mudah sekali menyerah dan hilang semangat berjuang?

Lihat ibumu, dia begitu hebat! dia begitu memukau dalam perjuangan menaklukkan kegagalan.

Sabar artinya tenang, tidak terburu nafsu.

Renungkan kenapa ibu tidak pernah mementingkan kepentingannya tetapi selalu mendahulukan kepentingan semua orang yang dicintai? karena memang dia tidak pernah terburu nafsu dirinya sendiri.

Tanyalah kepada ibu kenapa dia tenang ketika menghapi jalan buntu di hidup? tanyalah kepadanya kenapa dia tidak pernah mengambil satupun jalan pintas untuk menyelesaikan perkara hidup?

Jawabannya karena dia tidak pernah termakan oleh nafsu.

Lalu kenapa saat ini kamu menjadi rapuh? kenapa saat ini kamu menjadi galau berat? kenapa hari ini kamu kehilangan pengharapan?

Belajarlah sabar, belajarlah pada ibu, belajarlah untuk kuat, tenang dan pantang menyerah.

Meski mungkin kamu tidak menyadarinya, namun sebenarnya belajar pada ibu untuk sabar adalah orang tepat untuk kamu mempelajari nilai kehidupan yang penting ini.

Besok-besok, jangan mudah menyerah lagi. Ingat ibu dan belajarlah padanya.

Besok-besok jangan tergesa-gesa dan terburu-buru untuk termakan nafsu. Ingat ibu dan belajarlah darinya.

Semoga kita semua mau belajar untuk makin sabar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s