Berani Meletakkan

Beranikah meletakkan segalanya untuk berdiri dan berfungsi sebagaimana seharusnya?

Bukankah hati manusia itu penuh dengan ketamakan dan keegoisan serta keinginan diri untuk tampil solo di dalam segala hal dan menjadi bintang sendiri.

Saya merenungkan hari ini bahwa ada berapa banyak orang yang berani meletakkan egonya, meletakkan keinginan dirinya, dan meletakkan ambisinya agar orang lain bisa di tolong? mungkinkah jumlahnya sangat sedikit atau malah banyak?

Dunia dimana kita tinggal saat ini sedang membutuhkan banyak orang yang berani untuk meletakkan hal-hal di atas agar bisa membangun lingkaran perubahan.

Bagaimana jika Tuhan bersuara padamu untuk tanggung jawab yang tidak meng-enakkan? bagaimana jika seharusnya kamu berdiri untuk memulai sesuatu perubahan di suatu komunitas yang jelas bahwa kamulah kandidat perubahan itu. Bagaimana jika masyarakat disekitarmu sedang membutuhkan seseorang yang harusnya melakukan sesuatu untuk menolong mereka dan kamulah orang itu.

Mana lebih penting di saat-saat seperti itu, tetapkah kamu berdiri teguh mempertahankan keegoisan, mempertahankan keinginan sendiri, mempertahankan ambisi sendiri?

Coba bertanya sejenak pada hati nuranimu. Mana yang lebih penting saat ini?

Saya pernah menuliskan Satu Anak untuk Satu┬áPerubahan, di mana dalamnya saya mengatakan bahwa “satu perubahan yang diupayakan untuk orang lain adalah hasil dari perubahan diri sendiri”

Memang memukau jika menjadi satu-satunya bintang di tengah langit yang gelap. Semua akan memuja, semua mata akan tertuju. Namun bukankah lebih indah jika cahaya kita, kita bagikan kepada orang lain yang dalam kegelapan sehingga merekapun bisa turut menerangi di langit yang gelap sehingga terang itu makin lama makin menguasai banyak kegelapan lain?

Saya mengajak kita untuk terus merenungkan dan berkomitmen untuk terus mengupayakan perubahan, jangan ragu untuk memulainya, jangan tawar hati untuk terus mengerjakannya karena kontribusimu besar manfaatnya.

Jika harus meletakkan apapun itu untuk bisa memberikan manfaat dan perubahan di sekitarmu maka tak ada salahnya untuk meletakkannya. Ingatlah bahwa Tuhanmu melihat pengorbananmu itu dan pasti ada upah bagimu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s