Perempuan Hamil di Luar Nikah, Hilangkah Masa Depannya?

Saya menuliskan tulisan ini karena beberapa hari belakangan ini saya diminta untuk berkomunikasi dengan beberapa orang yang saya tidak kenal dengan mereka namun dikenalkan oleh teman-teman saya untuk meminta saya berbicara dengan mereka secara virtual. Saya bukan ahli untuk hal ini, namun saya adalah perempuan yang peduli dengan perempuan seperti mereka.

Ini bukan isu yang baru pertama kali saya bicarakan namun sudah sering secara personal saya berbicara kepada banyak perempuan muda yang hamil duluan sebelum menikah. Mereka masih dalam perjalanan mengejar cita-cita mereka, mereka masih kuliah, mereka masih menempuh bangku sekolah menengah tingkat atas. Mereka masih sangat muda.

Baca juga: Perempuan Mesin Pemuas Nafsu dan Mesin ProduksiĀ Anak.

Perempuan yang hamil diluar nikah yang hidup di Indonesia mengalami tekanan sosial yang luar biasa. Kepala mereka sudah tidak bisa lagi terangkat saat berbicara dengan orang lain, sehingga membayangkan akan ada masa depan di hari-hari ke depan sudah tidak ada. Apalagi jika pria yang menghamili mereka tidak bertanggung jawab. Bahkan lingkunganpun seolah menutup pintu untuk mereka.

Minimal ada 2 kasus yang saya dengar dalam 2 minggu terakhir ini, dan mereka adalah para perempuan harus menutupi aib itu rapat-rapat dan tidak ingin membuka diri kepada siapapun. Salah satu yang saya berbicara dengannya kemarin adalah seorang perempuan cantik yang tidak bisa lagi melanjutkan sekolah karena alasan ini.

Saya merasa ingin menuliskan ini untuk menguatkan mereka yang ada dalam kondisi ini. Jangan menutupi diri kalian, mari cari pertolongan dari perempuan lain yang bisa menguatkan kalian.

Atas nama budaya dan atas nama ajaran agama memang itu salah, memang sangat salah yang kalian lakukan. Namun masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri untuk masa depan. Karena itu saya sangat yakin bahwa ada ribuan perempuan yang bersedia membantu kalian, mengulurkan tangan untuk memeluk dan menenangkan kalian dimasa yang berat yang sedang kalian hadapi. Memberikan telinga untuk mendengar tanpa memberikan komentar yang tidak penting.

Ingat bahwa perempuan adalah makluk yang memiliki kekuatan yang hebat, kerena itu kehamilan diluar nikah bukan berarti dunia telah runtuh dan kiamat. Masih tetap ada harapan!

Please….jangan menyembunyikan keterpurukan kalian, cobalah mencari jendela kecil dan berbicara berbisik kepada beberapa perempuan yang bisa di percaya. Mereka tidak akan berdiri menjadi Tuhan yang langsung mengadakan sesuatu yang instan bagimu, atau menghakimimu, namun mereka akan bersamamu untuk memikirkan jalan yang tepat. Mereka akan menyediakan waktu untuk memelukmu sesaat, membantumu untuk bangkit lagi.

Saya tetap mengatakan bahwa keputusanmu melakukan seks diluar nikah adalah kesalahan dan kebodohan, karena kita ada dalam budaya yang berbeda dengan budaya negara barat. Dan kita memiliki keyakinan agama yang tidak menyetujui hal itu. Namun saya tetap ingin mengatakan bahwa di dalam kesalahanmu itu tetap ada harapan.

Kamu masih bisa terus memperjuangkan mimpimu, kamu masih bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk masa depanmu dari semesta. Semesta tidak pernah menolakmu karena kesalahan itu.

Jangan panik, jangan mengambil jalan pintas. Tenangkan dirimu dan carilah pertolongan dari sesama perempuan. Jika dirumahmu tidak ada perempuan yang bisa menolongmu, maka ada perempuan lain di luar rumahmu yang akan menolongmu.

Tarik napasmu dalam-dalam, lalu hembuskan lagi, lagi dan lagi. Sekarang waktunya bagimu untuk coba melangkah keluar dari kamarmu, dari tempat persembunyianmu.

Kamu harus mencari perempuan yang tepat, kamu harus berani membuka dirimu.

Beranilah lakukan itu atas nama masa depanmu. Atas nama cita-citamu, atas nama mimpimu.

Dunia belum berakhir, Tuhan masih memberikan kesempatan kepada perempuan yang salah untuk bertobat dan memperbaiki diri.

Yakinlah ada banyak perempuan yang akan siap membantumu selama kamu membuka diri dan membiarkan mereka membantumu.

Saya mempercayai nilai ini, bahwa tidak ada kesalahan yang tidak dapat dimaafkan di dunia ini, semua kesalahan ada porsi maafnya. Semua pembuat salah memiliki kesempatan untuk mendapatkan maaf dari orang lain untuk perubahan diri. semua orang yang pernah salah memiliki kesempatan untuk benar dimasa yang akan datang.

Bangkitlah perempuanku, masih ada harapan bagimu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s