Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Kupang

Beberapa postingan saya sebelumnya, saya mengajak pembaca untuk belajar tentang beberapa kata bahasa Kupang yaitu: 20 Kosa Kata Bahasa Kupang Terkait Dengan Liburan dan 20 Kosa Kata Bahasa Kupang Yang Menarik untuk Di Ketahui.

Di postingan kali ini saya akan menuliskan beberapa kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Kupang yang umumnya di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya bahasa Kupang sehari-hari tidak begitu sulit karena ada beberapa yang masih sama dengan bahasa Indonesia baku namun memang ada kata-kata yang sulit bagi orang-orang dari luar NTT.

Berikut ini beberapa kalimat sederhana yang bisa kalian pakai saat berbicara dengan orang Kupang.

  1. Bikin apa? / lagi buat apa? (artinya: lagi ngapain)
  2. Mau pi mana? (artinya: mau kemana?)
  3. Ada bekeng apa? (artinya: lagi ngapain?)
  4. Dudu-dudu sa (artinya: lagi bengong doang, atau lagi ga ngapa-ngapain)
  5. Lagi son bae nie (artinya: lagi tidak baik)
  6. Kere mati pung (artinya: lagi ga ada duit sama sekali/bokek)
  7. Kabar karmana? (artinya: apa kabar?)
  8. Makan deng? (artinya: makan dengan lauk apa?)
  9. Su makan ko balom? ( artinya: udah makan blom?)
  10. Be/beta su makan (artinya: saya sudah makan)
  11. Be/Beta bae-bae sa (artinya: Saya baik-baik saja)
  12. Doi sonde apa (artinya: ga ada duit/ tidak ada uang)
  13. Makan sam-sama sa (artinya: makan bareng-bareng aja)
  14. Talalu gaga (artinya: terlalu cantik/terlalu keren)
  15. Son/sonde bisa tahan (artinya: Tidak bisa tahan)
  16. Mau tapaleuk dolo (artinya: mau jalan-jalan dulu)
  17. Makan malintang (artinya: untung banyak)
  18. Bapa barana/mama barana (artinya: Bapak kandung/ibu kandung)
  19. Panas mati pung (artinya: cuacanya/udaranya sedang panas sekali)
  20. Sonde bae (rtinya: tidak baik)
  21. Babo puruk (artinya: bau banget)
  22. Nona bagaya mati sa (artinya: Nona bergaya abis)
  23. Talalu kembo (artinya: terlalu keren)
  24. Talalu makadadoto (artinya:terlalu cerewet)
  25. Talalu putar balek (artinya: bohongnya minta ampun)
  26. Mangantok kode (artinya: ngantuk) tetapi biasa untuk bilang terlalu lama menunggu makanya jadinya ngantuk ga jelas.
  27. Kelu deka (artinya: keluarga dekat)
  28. Parut kete/kampung tenga minta isi (artinya: lapar)
  29. Badan mamalek (artinya: badan lemas)
  30. Beta son parna satuju deng itu (artinya: saya tidak pernah setuju dengan hal itu)
  31. Be iko rame sa (artinya: saya ikut arus aja)
  32. Singga sadiki dolo (artinya: mampirlah sebentar dulu)
  33. Manyasal tar abis abis/manyasal mati pung (artinya: menyesal banget)
  34. Son toe/ sonde toe (artinya: tidak peduli)
  35. Baomong kusu-kusu (artinya: bicara secara berbisik-bisik)

Itu dulu yah, kalimat-kalimat sederhana yang saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat!

Hari Ulang Tahun Indonesia Ke-75

Selamat ulang tahun Indonesiaku yang ke-75, semoga Engkau cepat sembuh dari wabah yang sedang menggerogoti tubuhmu.

Semoga ekonomi cepat bangkit lagi, semoga pemerataan terjadi, semoga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia digenapi.

Meskipun matahari terbit di Barat namun aku akan tetap menjadi Indonesia karena Engkaulah tumpah darahku. Bumiku yang kucintai dan kubanggakan.

Jadilah rumah untukku sampai akhir menutup mata, jadilah bangsa yang hebat.

Doa untukmu terdengar dari Sabang sampai Merauke, dari Nias sampai Pulau Rote. Merdeka! Merdeka! Merdeka

Tuhan Lebih Aktif Karena Itu Stop Mendikte

Apa kabar kalian semua? semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan sudah berdamai dengan kondisi pandemi saat ini. Artinya, sudah mulai nyaman mengikuti protokol kesehatan dan mulai melangkah dalam aktivitas normal keseharian lagi.

Aku menulis kali ini untuk mengingatkan kita bahwa kita harus belajar stop mendikte Tuhan untuk seluruh urusan tetek bengek kehidupan kita. Ingat: Dia Tuhan! jadi Dia paling tahu, bahkan dia lebih aktif dari mampunya otak kita aktif untuk memikirkan hal-hal berkaitan dengan kehidupan kita.

Jadi untuk hal apa saja yang sedang kita hadapi hari ini, tak perlu mendikte Tuhan. Karena Dia selalu tahu yang paling baik, yang paling benar bagi masing-masing kita.

Stop jadikan Tuhan budak keiginan kita, karena kebanyakan hal-hal yang sering kita diktekan ke Tuhan itu umumnya berkaitan dengan keinginan-keinginan kita, bukan KEBUTUHAN KITA.

Bayangkan gimana perasaan Tuhan menghadapi umat seperti ini, yang kerjanya mendikte. Menjadi murid dikelas yang biasa didikte oleh guru untuk menulis sesuatu pelajaran saja menjengkelkan apalagi Tuhan. Pikirkan ini sendiri.

Banyaklah bersyukur, banyaklah berserah.

Memohon pertolongan dari Tuhan sah-sah saja, tapi jangan menuntut bahwa Tuhan harus total ikut mau kita.

Semoga hati kita makin dipenuhi dengan rasa syukur dan kepasrahan pada Sang Khalik.

Hal Sederhana

Happy weekend buat kita semua!

Kali ini di akhir pekan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk menghargai hal-hal sederhana di dalam hidup kita, karena hal-hal itulah yang sering dapat membuat urat-urat kita rilex lagi setelah seminggu berjuang dengan berbagai rutinitas kita.

Saya menulis sebuah puisi untuk hal ini, kalian semua bisa menontonnya di dalam video dibawah ini.

Terimakasih untuk semua yang menontonnya.

Bila Keadaan Makin Buruk

Hari ini kita berada di bulan Juli di tahun 2020, siapa yang sangka bahwa kita yang sudah berjuang keras menyusun rencana dengan matang, tetapi tetap saja harus menghadapi kenyataan hidup dimana ada hal-hal yang menjadi semakin buruk.

Itu bisa saja terjadi di bisnis kita, kesehatan kita, pekerjaan kita, studi kita ataupun rumah tangga kita. Ada banyak hal yang bisa muncul tanpa bisa kita memprediksinya, dan hal tersebut makin hari makin menjadi buruk. Sudah banyak usaha perbaikan yang kita lakukan, sudah banyak tenaga yang dicurahkan, sudah banyak usaha pertolongan di berikan namun tetap saja itu menjadi semakin buruk.

Jika hal ini terjadi, tidak perduli apa agamamu, saran saya yang paling utama adalah ambil waktu dan berdoa. Berlututlah dan sampaikan situasi itu kepada DIA yang tahu untuk menyelesaikan hal apapun yang buruk.

Dalam doamu, berikan juga waktu untuk bukan saja bertele-tele dengan segala kalimat curhatmu, tetapi diam sesaat. Diam dan tenang, coba kuasai emosimu, coba kuasai imajinasimu. Biarkan ada petunjuk dalam ketenangan yang kamu dapatkan.

Lakukan terus menerus dalam hidupmu hal ini, hal yang buruk dan semakin buruk itu nantinya kamu tidak akan tahu bagaimana cara Tuhanmu menolong dan menyelesaikannya. Kamu sendiripun diberikan ketenangan dan sejahatera.

Tuhan tidak akan serta merta mengubah semuanya secara instant, tetapi DIA akan memberikan kamu kekuatan dan ketenangan juga hikmat untuk menemukan jalan keluar, solusi dan petunjuk untuk keluar dari situasi tersebut.

Hal yang buruk itu pasti akan menghampiri siapa saja, namun jangan sampai kamu mati terkubur di dalam situasi itu. Tapi ambil keputusan penting yaitu BERDOA.

Doa dengan memberikan waktu dalam tenang, bukan seperti sedang mendikte Tuhan. Tetapi juga menenagkan diri sesaat di hadapan-Nya dan mendengar-Nya dan beristirahat sejenak di hadapan-Nya.

Meski memang kamu sedang berjuang keras, menangis dan berpeluh dengan hal buruk di kisah hidup kamu. Saya tetap mendorongmu, untuk saat ini juga untuk BERDOA.

BERDOA dan beristirahat sejenak di hadapan TUHAN.

Semoga minggumu diberkati!

Cara Mengurus KTP Pindah Masuk dan KK Baru Di Kabupaten Kupang

Kali ini saya ingin berbagi informasi berdasarkan pengalaman saya sendiri mengurus KTP pindah masuk ke wilayah Kabupaten Kupang sekaligus dengan KK-nya (kartu keluarga).

Dokumen yang harus sudah disiapkan adalah surat pindah dari domisili asli yang dibuat di Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (SUDIN KECAPIL). Untuk mendapatkan surat ini pengurusannya dari RT dan RW lalu sampai ke Kelurahan dan kita akan mendapatkan surat dari SUDIN KECAPIL.

Nah kalau dokumen ini sudah kita miliki di Kabupaten Kupang, kita datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang kantornya ada di Jl. Timor Raya Km.37 Oelmasi.

Saat datang kesana minta formulir F-1 (biasanya harus langsung masuk ke dalam ruangan kantor dan minta kepada petugas, tidak perlu ikut di antrian yang ada di luar). Setelah dapat formulir ini, isi semua data sesuai dengan yang diminta dan formulir ini di bawa kepada Desa dimana kita akan terdaftar disana.

Sewaktu menuju ke kantor Desa, jangan lupa untuk meng-copy surat pindah dari SUDIN KECAPIL untuk nanti di berikan kepada administrator desa sebagai arsip mereka.

Di desa kalau beruntung kepala desanya ada di tempat maka urusannya tidak lama, biasanya yang lama adalah menunggu kepala Desanya. Di kantor desa, mereka akan memberikan surat keterangan domisili untuk dilampirkan ke berkas formulir F-1 kita dan kepala Desa akan membubuhi tanda tangan di formulir F-1 dan juga di surat keterangan domisili.

Kalau sudah dapat tanda tangan kita lanjutkan ke kantor kecamatan sesuai domisili desa kita. Disana, kita tinggal bilang sama petugas mau minta tanda tangan. Sepengalaman saya, disini tidak lama untuk mendapatkan tanda tangannya.

Setelah dapat tanda tangan semuanya dari Desa dan Camat kita bawa kembali form F-1 ke Dispenduk. Saran saya datangnya harus pagi di keesokan harinya.

Pengalaman saya petugas baru melayani di jam 8.44 WITA tapi kita kudu wajib datang pagi-pagi untuk mendaftar untuk nomor antrian. Untuk mendaftar ini ada formulir yang sudah mereka siapkan di samping dari ruangan pengurusan KTP dan KK. Tinggal tulis nama disana dan selanjutnya MENUNGGU.

Setelah mendapatkan giliran kita akan diarahkan ke loket nomor yang kosong, dan disini terjadi ferivikasi data dan tidak terlalu lama. Jika beruntung seperti saya, si petugas mengambil nomor HP saya untuk menginfokan kalau KK nya sudah jadi.

Dannnnnn, sekitar kurang 2 jam dari waktu ferivikasi data, si ibu petugas yang baik hati menelpon dan memberitahukan bahwa KK saya sudah selesai dan bisa diambil.

Saya memilih untuk besoknya baru datang, karena memang lokasi tinggal dengan kantor Dispenduk jaraknya lumayan. Keesokan harinya saya datang dan menyerahkan lembaran pengambilan yang dikasih oleh petugas di hari sebelumnya. Dan KK sudah bisa di tangan.

Selanjutnya saya langsung saja meng-copy KK dan membawa satu lembar untuk mendaftar untuk pencetakan KTP. Langsung saja ikut antrian di dalam ruangan untuk bagian KTP.

Tapi sayang untuk saat ini katanya form untuk pembuatan KTP lagi habis karena covid-19. Kata mereka formnya blom diambil di Jakarta, jadi waktu untuk KTP nya bisa diambil tidak pasti alias harus MENUNGGU DALAM WAKTU YANG TIDAK PASTI.

Tapi so far sebenarnya pengurusannya tidak rumit kalau kita mengerti jalurnya dan menyiapkan semua dokumen dengan baik.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang ada kepikiran untuk mau mengurus KTP pindah.

Perempuan Timor

Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi tentang puisi yang saya tulis tentang perempuan Timor.

Perempuan Timor

Adalah maha karya Tuhan yang tiada duanya

Lahir dengan kulit sawo matang dan hitam

Sang Tuhan memahkotainya dengan rambut keriting nan unik

Mendandaninya dengan bulu mata yang lentik

Karena itu ia tak perlu diperbandingkan dengan maha karya yang lain

Karena sejak dalam kandungan Mama, Sang Tuhanlah yang menenunnya sempurna

Andaikan kecantikan itu diukur dengan warna kulit maka aku mengerti mengapa engkau mengucilkannya

Jika menghargai ditentukan oleh kesamaan rambut, kulit, dan bola mata maka aku mengerti alasan engkau sering meremehkannya

Jika seandainya Bahasa dan nada bicara membuatmu sering menertawakannya, haruskah aku menyalahkan Sang Ilahi yang mengijinkan kecorakan mewarnai bumi?

Jika kecerdasan, kemampuan dan kapasitas digambarkan oleh warna kulit, maka benarkah aku tidak memiliki semuanya itu?

Perempuan Timor

Memiliki talenta mengatur benang dan menenun

Dia mampu mengubah jagung kering menjadi Bose yang lembut untuk memanjakan lidah seisi rumahnya

Kehebatannya tersembunyi dibalik kemampuannya menjaga lumbung dan memelihara hasil bumi

Perempuan Timor agung dan bermartabat

Ia bukan budak yang seenaknya dikuasai oleh para lelaki.

Meski memang fisiknya kuat untuk mengerjakan segala pekerjaan, namun haruskah semua pekerjaan rumah ia yang mengerjakannya?

Bahkan untuk secangkir kopi para lelaki haruskah ia yang membuatnya?

Jangan remehkan bahwa ia lemah atau bodoh

Karena derajatnya begitu agung sebagai pemberi hidup

Memang ia tidak melestarikan marganya setelah menikah

Namun kelestarian satu marga ternjadi karena keberadaanya

Perempuan Timor memiliki rasa dan asa

Perempuan Timor memiliki kemampuan, keteguhan dan kapasitas

Ia memiliki kaki yang panjang untuk melangkah keluar dari kebodohan, kemiskinan dan kekerasan

Dia terus bergerak, berjuang untuk perubahan dan harumnya nama ibu Pertiwi.

Apa Ketakutan Terbesarmu?

Mari berbicara dengan jujur tentang perasaan yang satu ini, apa sesungguhnya yang menjadi ketakutan terbesar dari kamu hari ini? apakah itu ketakutan akan kematian? ketakutan akan karir atau pekerjaan? sekolah, dan hal lainnya?

Mari jujur, karena faktanya masing-masing kita memiliki ketakutan, ada yang kadarnya berlebihan ada yang biasa-biasa saja. Namun umumnya semua kita memiliki ketakutan itu.

Apakah ketika perasaan takut itu ada engkau mengabaikannya? ataukah mau duduk sejenak dan mencari tahu akan kebenaran ketakutan itu dan juga solusinya?

Ada yang bisa kita selesaikan sendiri, ada yang kita butuh orang lain. Namun dirimupun harus jujur bahwa ada beberapa ketakutan dalam dirimu yang membutuhkan Sang Tuhan.

Jangan merasa sok sempurna, apalagi berusaha tampil selalu kuat dan memukai. Karena masing-masing kita memiliki bayangan yang sering membuat kita gagal tidur nyenyak dimalam hari.

Coba ambil waktu hari ini dan cari tahu apa sesungguhnya ketakutanmu itu? lalu segera selesaikan hal itu. Jika mampu selesaikan sendiri ayo lakukan. Jika butuh teman, segera cari pertolongan namun jika butuh Sang Khalik, ayo berlutut dan berseru.

Semoga minggumu menyenangkan!

Kemanusiaan, Kemanusiaan

Sebagai respon terhadap pembunuhan George Floyd, maka seorang teman asal Inggris menuliskan sebuah puisi dengan judul “Humanity”

Dan pada saat dia memposting di instagramnya saya merasa hal itu beresonansi juga kepada saya secara pribadi. Karena itu lewat pembahasan dengan penulis asli dari puisi ini akhirnya saya menerjemahkan puisi tersebut ke dalam bahasa Indonesia dengan beberapa pengubahan termaksud konteks.

Dan ini adalah hasil dari kerjasama kami itu.

Sekiranya dimanapun kita berada, isu kemanusiaan adalah hal yang harus selalu menjadi tanggung jawab kita bersama dan juga tanggung jawab pribadi sebagai manusia untuk pemerataan keadilan di muka bumi.

Apa Kabar Resolusi Tahun 2020-Mu?

5 Tips Resolusi 2020 Agar Tidak Menjadi Ambyar! - AWONAPA JR ...

Beberapa hari yang lalu seseorang mengatakan bahwa setiap menutup tahun semua orang di dunia memikirkan dan mengharapkan resolusi di tahun baru. Itu bisa berkaitan dengan pekerjaan mereka, impian, ataupun tentang diri dan keluarga. Namun di bulan Februari di tahun yang baru, 80 persen dari orang-orang yang mengharapkan resolusi itu sudah menyerah untuk mencapai apa yang mereka harapkan.

Sewaktu mendengar tentang hal itu, saya tersenyum sambil membayangkan diri sendiri dan juga satu dua orang yang saya kenal yang ternyata mengungkapkan resolusi itu tapi tidak mengupayakannya.

Hari ini sudah bulan Juni, yaitu bulan yang membelah dua tahun 2020 menjadi seimbang. Sudah satu semester kita semua melewati tahun 2020. Apakah kamu masih setia dan terus berjuang keras untuk merealisasikan resolusimu?

Coba cek lagi buku catatan harianmu, dari sekian daftar resolusi pribadimu ada berapa yang sedang dikerjakan, ataukah sama sekali kamu sudah melupakannya?

Saya sendiri, ketika melihat di buku harian pribadi minimal ada 5 resolusi 2020 yang sudah berhasil saya kerjakan, dan masih mengupayakan yang lain. Bagaimana dengan kamu, ada berapa yang sudah berhasil kamu kerjakan? dan ada berapa lagi yang sedang diupayakan?

Semoga listmu lebih panjang dari punyaku.

Karena pasti ada yang diantaramu yang mengatakan di 2020 ingin rajin menabung, ingin rajin membaca, ingin belajar memasak, ingin diet, ingin rutin berolah raga, ingin lebih minimalis dan sebagainya.

Apakah kamu sudah melakukannya?

Apakah kamu yang mengatakan ingin rajin menabung sudah rajin menyisihkan penghasilan untuk mulai rutin menabung? ataukah masih boros dan tidak ada tabungan apapun sampai di bulan ke enam ini?

Yang ingin diet, apakah sudah berjalan pola makan sehat dan benar-benar disiplin dengan tidak mengikuti keinginan lidah? apalagi dirumah saja saat ini, apakah kamu benar-benar disiplin dengan menolak segala godaan makanan agar bisa mencapai harapanmu? ataukah kamu masih bergaul erat dengan semua camilan favoritmu dan semua makanan cepat saji yang menjadi kesukaanmu?

Yang ingin rajin berolah raga, apakah sudah ada jadwal rutin untuk melakukan hal ini? ataukah kamu masih lebih senang tidur? dan malas gerak kemana-mana?

Yang mengatakan ingin rajin membaca, apakah sudah setia melakukannya? sudah ada berapa banyak buku yang kamu habiskan sampai saat ini? apalagi situasi pandemi covid-19 yang bikin harus di rumah saja, apakah ini merupakan kesempatakan untuk mewujudkan hal ini? ataukah kamu setiap hari hanya menghabiskan waktu dengan semua media sosialmu tanpa memberikan menfaat apa-apa?

Dan seterusnya…..

Adakah kalian semua sedang memperjuangkan resolusi 2020? ataukah sudah melupakannya dan sibuk dengan kehidupan tanpa harapan pencapaian apapun?

Buatmu yang masih sibuk berdalih dan mempersalahkan situasi pandemi sebagai halangan untuk mencapai resolusimu maka menurutku, kamu perlu memperbaiki pola pikir kunomu itu. Karena hanya orang malas dan tak bertujuan hidup yang suka berdalih dan mempersalahkan situasi dan orang disekitar atas ketidak capaian apapun.

Saranku: perbaiki pola pikirmu, duduk dan buat kembali komitmen untuk mengerjakan satu dari sekian resolusimu yang bisa kamu mulai dari sekarang.

Lihat dari yang paling mungkin bisa kamu kerjakan, pikirkan langkah-langkahnya, lihat dari yang paling mudah yang bisa kamu lakukan dan latih dirimu untuk melakukannya dengan disiplin sampai itu menjadi kebiasaan baru bagimu atau bisa menjadi hal yang bisa kamu capai.

Selamat berjuang dan jangan menyerah yah!